Minggu, 08 Juli 2012

10 Tempat Jalan-jalan dan Objek Wisata Taipei


Menurut situs panduan perjalanan yang populer di kalangan traveler “Lonely Planet” Taiwan termasuk salah satu negara yang termasuk dalam daftar “Lonely Planet’s Best in Travel: top 10 countries for 2012”. Taiwan masuk di nomor 9 setelah Uganda, Myanmar, Ukraina, Jordan, Denmark, Bhutan, Cuba, New Caledonia dan berada satu tingkat di atas Switzerland. Negara yang mempunyai ibukota Taipei ini masuk ke dalam daftar tersebut karena merupakan negara yang sangat lengkap jika dilihat dari sisi pariwisata. Mulai dari keindahan alamnya, Taiwan menawarkan pesisir lembah dan hutan hijau yang luas. Jika ditinjau dari sejarah dan budayanya, Taiwan mempunyai koleksi terlengkap benda bersejarah Cina peninggalan jaman dulu di Museum Nasionalnya. Bukan hanya itu saja, untuk urusan wisata kuliner, taman nasional, dan tempat belanja, Taiwan tak perlu anda ragukan lagi. Kalau menurut saya, daya tarik Taiwan paling besar terletak di arsitektur bangunannya. Bangunan-bangunan bersejarah dan kuil-kuil di Taiwan banyak memadukan unsur-unsur seni dari Belanda dan China, cantik sekali.

Ada apa saja objek wisata Taipei yang menarik? Here we go!

1. Wisata Taipei: Yangmingshan National Park 

wisata taipeiJika pemandangan alam menjadi prioritas anda selama berlibur di Taipei, Yamingshan National Park harus menjadi destinasi pertama yang tidak boleh dilewatkan. Taman yang terletak 30 menit perjalanan dari pusat kota ini dikelilingi tebing berbatu, padang rumput pegunungan, dan danau yang tenang. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sekitar bulan Februari dan Maret karena bunga sakura sedang bermekaran dan kebun bunga yang berwarna-warni sedang memamerkan warna-warna terindahnya. Dirancang dengan design budaya China yang sangat kental, taman nasional yang terletak di dekat Gunung Shamao dan Gunung Qixing ini menawarkan pemandangan pegunungan yang megah dan udara yang sejuk.

2. Wisata Taipei: Beitou Hot Springs

Sebenarnya ada banyak sekali tempat permandian air panas di Taipei, namun area yang paling terkenalnya adalah di Beitou. Area ini sudah terkenal dengan resort permandian air panasnya sejak tahun 1986. Dengan taman-taman indah, museum, dan kuil di sekeliling kotanya, Beitou wajib anda kunjungi selama liburan di Taipei.
wisata taipei

3. Wisata Taipei: Gedung Memorial Chiang Kai-shek

wisata taipeiGedung Memorial Chiang Kai-shek merupakan landmark kota Taipei yang biasanya dipakai untuk merayakan acara-acara nasional. Di gedung bertembok marmer putih ini, pengunjung bisa mempelajari sejarah Chiang Kai-shek, pemimpin Taiwan abad 20 dengan mengunjungi bagian museum yang terletak di lantai bawah. Ada juga patung Chiang Kai-shek yang dijaga oleh petugas yang diam seperti patung selama masa tugas. Bagi anda yang tak terlalu tertarik dengan sejarah, pemandangan taman hall yang dihiasi oleh keramik-keramik bercitarasa Cina bisa menjadi daya tarik sendiri.

4. Wisata Taipei: Martyr Shrine (Kuil Para Martir)

wisata taipei
Kuil Para Martir didedikasikan bagi rakyat Taiwan yang mengorbankan diri dalam peperangan. Dibangun pada tahun 1969, arsitektur kuil ini mengingatkan kita kepada Hall of Supreme Harmony di Forbidden City, Beijing. Terletak di atas gunung Chingsan, Kuil Para Martir juga menyajikan view sungai Keelung yang sedang dalam proses restorasi oleh pemerintah Taipei.

5. Wisata Taipei: National Palace Museum

wisata taipeiMuseum ini tergolong sangat megah karena memiliki koleksi barang-barang antik tak ternilai dari negara Taiwan dan Cina. Koleksi dari Cina ini dimiliki karena Taiwan dipilih sebagai tempat untuk menyelamatkan benda-benda seni dari Cina pada saat perang Sino-Jepang dan perang saudara di Cina. Koleksinya antara lain, berbagai macam pahatan giok dan pahatan perahu yang dibuat dengan sebutir biji zaitun sebagai bahannya.


6. Wisata Taipei: Kuil Longshan

Tak lengkap rasanya bila ke Taipei tanpa berkunjung ke kuil kuno yang sangat terkenal; Kuil Longshan. Di bagian dalam kuil yang dibangun 1738 ini, Anda bisa melihat patung Dewi Cinta Kasih Guanyin, hiasan sepasang naga di ruang depan, dan 4 naga di ruang tengah. Semuanya dipahat dengan halus dan sempurna.
wisata taipei

7. Wisata Taipei: Menara Taipei 101

wisata taipeiGedung pencakar langit ini terletak di pusat kota Taipei dan hanya beberapa blok dari Taipei World Trade Center. Sesuai namanya, menara ini memiliki 101 lantai dan pengunjung bisa naik sampai lantai 91 untuk melihat pemandangan kota Taipei dari ketinggian 509 meter. Untuk menuju ke puncak gedung, disediakan lift tercepat di dunia yang memecahkan Guinness World of Record. Hanya dalam 37 detik, kamu melesat dari bawah ke lantai 89 untuk melihat pemandangan.


8. Wisata Taipei: Pasar Malam Huaxi

Jika berkunjung ke Taipei, jangan pernah lewatkan pasar malam. Kawasan ini dikenal dengan aneka makanan lezat yang dijajakan, seperti sup daging, mie belut, udang, serta daging ular. Salah satu pasar malam yang digemari adalah Pasar Malam Huaxi, yang lokasinya berdekatan dengan Kuil Longshan.

9. Wisata Taipei: Sun Yat-Sen Memorial Hall

wisata taipei
Situs ini didedikasikan untuk Sun Yat-sen, pria yang dianggap sebagai “father of the nation” di Taiwan and “forerunner of the revolution” di China. Di dalamnya, Anda bisa menemukan performance hall kelas dunia, teater multimedia, dan perpustakaan yang sangat besar. Lingkungan di sekitarnya pun sangat asri, ada danau dan taman hijau yang luas.

10. Wisata Taipei: Gedung Kantor Presiden

Gedung Kantor Presiden berada di distrik Zhongzheng. Gedung yang dibangun pada saat penjajahan Jepang ini memiliki dinding yang cantik dengan hiasan batu kerikil. Sebagai peninggalan Jepang, gedung yang memiliki 5 lantai dan menara utama setinggi 7 lantai ini menghadap ke timur untuk menghormati dewi Matahari. Gedung Presiden diresmikan sebagai situs sejarah nasional pada tahun 1998 dan terbuka untuk umum.
wisata taipei














silahkan anda Copy paste artikel diatas kalau anda tidak keberatan cantumkan juga sumber dengan linkback ke blog ini. terimakasih....!!!

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR TERBAIK ANDA SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS
DAN JUGA ANDA AKAN MENDAPATKAN BACKLINK OTOMATIS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More