Jumat, 14 Januari 2011

Pohon dan Buah Pisang Unik jadi tontonan warga


 Sebuah pohon pisang unik yang tumbuh di pekarang belakang rumah milik Keluarga SUTRISNO warga Dusun Kedung Keris Desa Ngujo Rt.013 Kecamatan Kalitidu Bojonegoro membuat geger warga.

Ratusan warga berbondong-bondong melihat pohon pisang itu sehingga membuat penghuni rumah kewalahan. Bahkan suara istri SUTRISNO bernama MADIRAH kehabisan suara karena kelelahan menjawab pertanyaan pengunjung.

Menurut MADIRAH pisang unik itu mulai berbuah sejak sebulan lalu, tepat Jumat pahing di bulan sura. Pisang yang tumbuh dengan sendirinya setahun lalu menjadi daya tarik tersendiri karena buahnya berbeda dengan pisang pada umumnya.

Ontong pisang berwarna hijau ditumbuhi mahkota yang berfungsi melindungi buah di dalamnya.Sedangkan buahnya sendiri bersekat-sekat seperti belimbing. “Saya belum pernah lihat pisang ini jenis apa. Tapi buahnya aneh seperti belimbing,”terang MADIRAH.

Awalnya, ia mengira tanaman yang tumbuh dekat septitank itu adalah temu (sejenis lengkuas). Semakin besar ternyata jadi buah pisang yang gedebognya tebal dan tumpuk.

Anehnya lagi, getah pisang itu berwarna merah seperti darah sehingga suaminya menutupi dengan kain agar warga yang datang tidak usil mencocok gedebog (pelepah pisang).

SUTRISNO jadi ingat jika setahun lalu di lokasi itu pernah untuk mengubur ayam unik. Ayam yang disembelih untuk acara bulan sura tidak mau mati meskipun lehernya nyaris putus tapi tetap bisa berjalan.

Ayam jago tersebut baru mati setelah dipanggilkan seorang kyai dari desa setempat. “Karena unik saya merawatnya seperti anak sendiri,”ujar SUTRISNO.

Keluarga pemilik pisang tidak menyangka kalau rumahnya bakal seramai sekarang. Keajaiban yang diberikan Tuhan ini menjadi tontotan masyarakat.

Meski demikin keluarga SUTRISNO tidak mengkomersilkan supaya mendapat uang. Bahkan mau diapakan nanti buah pisang tersebut ia juga belum tahu.Namun kalau ada yang berminat membeli tidak menutup kemungkinan akan dijual untuk membantu biaya perbaikan rumah mereka.

Rumah keluarga SUTRISNO terbilang sangat sederhana. Tapi diantara rumah warga lainnnya terbilang cukup unik.

Pintu rumah mereka dihiasi tanaman melati yang merembat indah. Ditambah tanaman hias dan buah-buahan yang tumbuh subur menambah asri keluarga ini. (joe/tin)

Teks foto :
1. Jantung pisang unik dipenuhi kelopak.
2. Masyarakat berbondong-bondong menyaksikan pisang unik.
Foto : JOE SBI FM

sumber : http://jaringradio.suarasurabaya.net/?id=5df1d4ede8eeb7083d2fc5bcaae8d0b6201187257

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR TERBAIK ANDA SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS
DAN JUGA ANDA AKAN MENDAPATKAN BACKLINK OTOMATIS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More