Senin, 01 Agustus 2011

MENGENAL “PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN AGUSTUS.


INILAH PERISTIWA-PERISTIWA YANG TERCATAT DALAM SEJARAH DUNIA PADA BULAN AGUSTUS :

1 Agustus

Perang Dunia I Dimulai

1 Agustus tahun 1914, Perang Dunia I secara resmi dimulai dengan adanya pengumuman perang dari Jerman terhadap Rusia. Tiga hari sebelumnya, Austria juga mengumumkan perang terhadap Serbia dengan alasan terbunuhnya putra mahkota Austria di Sarajevo. Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman juga memerangi Perancis dan perang pun meluas dengan cepat. Dalam perang ini, Jerman bersekutu dengan Austria, Hongaria, dan Ottoman. Sementara itu, Perancis , Iinggris, Rusia, dan Serbia bergabung dalam kelompok Sekutu.

Persiapan perang ini sesungguhnya telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum dimulainya perang, negara-negara besar Eropa terlibat dalam persaingan senjata dan berusaha untuk memperluas wilayah penjajahan mereka. Selain itu, pemikiran nasionalisme juga semakin menguat di Eropa. Dalam perang ini, awalnya Jerman dan kelompok Axis hampir menang, namun kemudian AS bergabung ke dalam kelompok Sekutu, sehingga kekuatan Sekutu semakin besar dan akhirnya meraih kemenangan. Perang ini secara resmi berakhir tanggal 11 November 1918 dengan menjatuhkan korban tewas 9 juta orang, 29 juta orang cacat, dan 5 juta orang hilang. Pada tahun 1919, pihak-pihak yang terlibat perang menandatangani Perjanjian Versailles yang memberikan denda besar terhadap Jerman sebagai pihak yang memulai perang.
Columbus Menginjakkan Kaki di AS

1 Agustus 1498, petualang Italia, Christopher Columbus menginjakkan kakinya untuk pertama kali di daratan benua Amerika, di kawasan yang sekarang menjadi bagian dari Venezuela. Columbus mengira wilayah yang didatanginya itu sebagai sebuah pulau dan memberinya nama Isla Santa serta mengklaimnya sebagai wilayah jajahan Spanyol. Columbus dilahirkan di Genoa, Italia pada tahun 1451. Ia sangat terobsesi oleh kemungkinan menemukan jalur pelayaran langsung dari Eropa ke Asia. Saat itu, masyarakat Eropa mengira tidak ada jalur langsung ke Asia timur, dan satu-satunya jalur yang ada, yaitu melalui Mesir dan Laut Merah telah ditutup oleh kerajaan Ottoman.

Dengan mengira bahwa Eropa dan India Timur hanya dibatasi oleh Lautan Atlantik, Columbus menemui Raja Portugis untuk mensponsori pelayarannya mencari rute baru ke Asia. Proposal ini ditolak dan kemudian Columbus menemui Raja Ferdinand dari Spanyol yang akhirnya bersedia menjadi sponsor misi tersebut. Pada tanggal 3 Agustus 1492, Columbus memulai ekspedisinya dengan menggunakan tiga kapal bernama Santa Maria, Pinta, dan Niya. Dalam ekspedisi pertama ini, Columbus mencapai Cuba, yang dikiranya bagian dari Cina dan Hispaniola yang disangka sebagai wilayah Jepang. Mereka kembali ke Spanyol dengan membawa emas dan rempah-rempah. Atas kesuksesannya ini, Columbus diberi penghargaan oleh Raja Spanyol dan diberi kesempatan untuk menjalankan ekspedisi yang kedua.

Pada tahun 1493, Columbus memulai ekspedisi keduanya namun hanya berhasil mencapai wilayah Karibia dan pasukannya banyak terbunuh dalam pertempuran dengan kaum pribumi. Selanjutnya pada bulan Mei 1498, Columbus memulai eskpedisi dengan tujuan utama mencari jalur langsung ke India. Tiga bulan kemudian, pada tanggal 1 Agustus 1498, ia menginjakkan kakinya untuk pertama kali di benua AS.

Abu Hamid Muhammad Gazali Al-Thusi Wafat

14 Jumadits-Tsani tahun 505 Hijriah, Abu Hamid Muhammad Gazali Thusi, yang terkenal dengan nama Imam Muhammad Gazali, ilmuwan dan ahli fiqih besar Iran, meninggal dunia. Gazali mempelajari ilmu fiqih dari Abu Nasr Ismail dan dalam waktu singkat dia berhasil menguasai ilmu tersebut. Pada usianya ke-28 tahun, Gazali telah masuk ke jajaran ulama besar muslim.

Kemasyhuran Gazali membuatnya diundang oleh kerajaan Maliki untuk mengajar di Baghdad. Pada tahun 488 Hijriah, Imam Muhammad Gazali pergi ke Mekah untuk menunaikan haji dan setelah itu, dia tinggal di Baitul Muqaddas. Di akhir usianya, dia kembali ke Iran dan mengajar di negeri kelahirannya itu.

Di antara karya-karya Imam Muhammad Gazali adalah “Ihya-u Ulumid-Din” dan ”Nasihatul-Muluk”

Ayatullah Mirza Habibullah Rashti Meninggal Dunia

14 Jumadits-Tsani tahun 1312 Hijriah, Ayatullah Mirza Habibullah Rashti, seorang ulama dan marji’ besar Islam, meninggal dunia. Beliau meneruskan pelajarannya di Najaf, Irak, dan belajar kepada Syeikh Murtadha Anshari. Secara bertahap, beliau akhirnya menjadi salah satu marji besar di hauzah ilmiah Najaf. Salah satu di antara karya beliau adalah “Badi’ul Afkar”.

2 Agustus

Denis Popon Meninggal Dunia

2 Agustus tahun 1714, Denis Popon, seorang inventor Perancis, meninggal dunia. Dia menggunakan tenaga uap untuk menggerakkan motor mesin. Mesin bertenaga uap ciptaan Popon ini merupakan alat bertenaga uap pertama dan berdasarkan konsep mesin uap ini, kemudian diciptakanlah mobil dan kapal uap.

Ayatullah Syaikh Fadhlullah Nuri Gugur

2 Agustus tahun 1909, Ayatullah Syaikh Fadhlullah Nuri”, seorang ulama dan pejuang besar Iran, gugur syahid kerana digantung oleh antek-antek kolonialis. Beliau adalah ahli fiqih garis depan di Teheran dan sangat berjuang keras dalam menyebarkan pemikiran Islam dan paham keadilan. Ayatullah Nuri merupakan salah satu pemimpin utama perjuangan kaum ruhaniwan dan rakyat Iran dalam melawan dinasti Qajar dan dalam Revolusi Konstitusional. Namun, setelah dibentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat sebagai hasil dari Revolusi Konstitusional tersebut, Ayatullah Nuri mendapati bahwa sebagian undang-undang yang disepakati oleh majelis tidak sesuai dengan pandangan Islam.

Oleh karena itulah beliau dan sejumlah pejuang lainnya mengadakan aksi protes di makam Syekh Abdul Adzhim di kota Rey, selatan Teheran. Akhirnya, Majelis Permusyawaratan Rakyat bersedia mengubah undang-undang dasar yang tidak sesuai dengan pandangan Islam tersebut dan Ayatullah Nuri kembali ke Teheran. Setelah direbutnya kota Tehran dan berakhirnya despotisme…, antek-antek kolonialis memanfaatkan situasi untuk melindungi despotisme dengan membunuh Ayatullah Nuri.

Irak Dipastikan Gunakan Senjata Kimia Terhadap Iran

2 Agutus tahun 1988, komisi penelitian PBB yang dikirim ke Iran dan Irak, dengan mengeluarkan dua laporannya, menyatakan bahwa Irak selama peperangan melawan Iran telah berkali-kali menggunakan senjata kimia. Ini adalah pengakuan terang-terangan pertama dari PBB mngenai penggunaan senjata kimia tentara Irak terhadap Iran. Namun, Dewan Keamanan PBB sama sekali tidak mengeluarkan resolusi apapun dalam menanggapi penggunaan senjata kimia ini. Senjata kimia yang digunakan secara luas dan menyerang tidak saja tentara Iran, melainkan juga rakyat sipil Iran, sama sekali tidak ditanggapi oleh PBB. Alasannya adalah demi melindungi kepentingan Barat yang bekerja sama dengan Irak dalam memproduksi senjata kimia tersebut.

Oleh karena itulah, beberapa jam setelah laporan tersebut disiarkan, kota Ashnawieh di bagian barat Iran dibombardir dengan bom kimia dan melukai 2400 penduduk kota itu. Komisi penelitian PBB juga mengakui adanya penyerangan bom kimia di Ashnawieh yang dilakukan setelah diadakannya perjanjian gencatan senjata antara Irak dan Iran ini.

Invasi Irak ke Kuwait

2 Agustus tahun 1990, tentara Irak menginvasi negara tetangganya, Kuwait. Invasi ini merupakan invasi Irak kedua setelah sebelumnya di tahun 1980 menyerang Iran. Sebelumnya, Rezim Saddam selalu menyatakan bahwa kawasan Kuwait adalah provinsi Irak yang ke-19. Invasi ke Kuwait ini bertujuan untuk mengambil alih kekayaan minyak Kuwait dan dengan demikian, Rezim Saddam berharap bisa menjadi pemimpin dunia Arab. Namun, invasi Irak ke Kuwait ini mendapat reaksi negatif yang sangat besar dari dunia internasional.

Dunia internasional dan PBB menngecam invasi Irak ini dan memerintahkan agar Irak keluar dari Kuwait. Kemudian, sejumlah negara dengan dipimpin oleh AS mengirimkan pasukannya ke Teluk Persia dengan tujuan untuk mengusir Irak. Meskipun telah dilakukan berbagai macam lobi politik selama tujuh bulan, tentara Irak tetap bertahan di Kuawait. Akhirnya, pasukan aliansi pimpinan AS melakukan penyerbuan ke Irak hingga menimbulkan kerugian dan kerusakan yang sangat besar bagi tentara dan rakyat Irak. Karena serangan pasukan aliansi itu, pada tanggal 28 Februari 1991, Irak mengakhiri aneksasinya di Kuwait.

Fakhrul Muhaqiqin Wafat

15 Jumadits-Tsani tahun 771 Hijriah, Fakhrul Muhaqiqin, seorang ahli fiqih dan ilmuwan Islam meninggal dunia. Ulama besar ini dilahirkan pada tahun 682 Hijriah. Pendidikan keislamannya didapatkannya dari ayahnya, Allamah Hali dan para ulama lainnya pada zaman itu. Fakhrul Muhaqqiqin meninggalkan banyak karya tulis, di antaranya “Manbaul asrar”, Khasyiatul Irsyad”, dan “Tahsilun-Najah”.

3 Agustus

Dimulainya Petualangan Terbesar Colombus

3 Agustus tahun 1492, dimulailah perjalanan terbesar Christopher Columbus, seorang pelaut Italia. Christopher Columbus menandatangani perjanjian dengan Raja dan Ratu Spanyol yang berisi penugasan untuk menemukan jalan baru menuju India. Columbus bersama 120 pelaut lainnya, dengan menggunakan 3 kapal, berlayar dari pelabuhan Paulus Spanyol dan 33 hari kemudian mereka bertemu dengan daratan yang mereka sangka adalah India. Ternyata, daratan yang dilabuhi oleh Columbus dan rombongannya adalah kepulauan Salvador yang terletak di benua Amerika. Dengan demikian, tanpa disadari oleh Columbus, dia menemukan benua baru yaitu benua Amerika.

Sisilia Berintegrasi Dengan Italia

3 Agustus tahun 1860, kepulauan Sisilia menjadi bagian dari Italia atas usaha Garibali, pemimpin gerakan nasionalisme Italia. Warga kepulauan ini mendukung Garibaldi karena mereka menderita akibat kesewenang-wenangan Raja Perancis Kedua yang bertahun-tahun menjajah kepulauan Sisilia. Setelah peperangan 80 hari, kepulauan Sisilia menjadi bagian dari Italia dan dengan demikian, proses penyatuan Italia secara keseluruhan memakan waktu 10 tahun.

Pembukaan Terusan Panama

3 Agustus tahun 1914, dengan melintasnya kapal pertama, Terusan Panama dibuka. Pembangunan terusan ini dimulai oleh para insinyur Perancis dan dilanjutkan oleh orang Amerika sampai selesai. Terusan sepanjang 68 kilometer ini mempertemukan Lautan Teduh dan Samudera Pasifik.

Nigeria Merdeka

3 Agustus tahun 1960, Nigeria meraih kemerdekaannya dan menjadi anggota PBB. Negara Afrika ini sejak abad ke-18 menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1922, Perancis mendirikan pangkalan militer di Nigeria dan secara resmi negara ini menjadi daerah koloni Perancis. Namun, secara bertahap rakyat Nigeria bangkit menentang Perancis dan akhirnya pada tahun 1960 berhasil meraih kemerdekaannya. Nigeria memiliki luas wilayah 1.267.000 kilometer persegi dan terletak di bagian barat benua Afrika serta berbatasan dengan Libya, Chad, Mali, dan Benin.

Israel Bunuh Izuddin Qalq

3 Agustus 1978, rezim Zionis melakukan aksi terorismenya dengan membunuh Izuddin Qalq, wakil Organisasi Pembebasan Palestina di Paris. Sekretaris Izuddin Qalq juga ikut terbunuh dalam serangan ini. Pada dekade 1970-an dan 1980-an, organisasi intelijen Zionis, Mossad, meneror banyak pejabat PLO sehingga mereka menjadi lemah dan akhirnya bersedia menandatangani perjanjian damai dengan Rezim Zionis. Namun demikian, rakyat Palestina tidak mengakui perjanjian damai ini dan tetap berjuang melawan rezim penjajah tersebut.

Ibnu Darraj Qastalli Wafat

16 Jumadits-Tsani tahun 421 Hijriah,Ibnu Darraj Qastalli, penyair dan penulis terkenal Andalusia meninggal dunia. Ibnu Darraj dilahirkan pada tahun 347 Hijriah. Dia memiliki peran dalam mengembangkan syair Arab di akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 Hijriah. Dia memperlihatkan aliran baru dalam syair Arab dan syair-syairnya selain bernlai sastra tinggi, juga menjadi sumber terpercaya mengenai kejadian-kejadian di Spanyol pada masa itu.

4 Agustus

AS Umumkan Netralitas dalam Perang Dunia I

4 Agustus tahun 1914, ketika PD I meletus di Eropa, Woodrow Wilson, Presiden AS saat itu, mengumumkan kenetralan AS dalam perang ini. Pada bulan Februari 1915, Jerman melarang semua kapal dari negara manapun untuk memasuki wilayah perang di sekitar Inggris. Namun, kapal-kapal dagang AS tidak menghiraukan ultimatum ini dan sebulan kemudian, sebuah kapal dagang AS ditenggelamkan oleh kapal tempur Jerman. Selanjutnya dua kapal AS lainnya juga diserang oleh Jerman sehingga opini publik AS menjadi semakin anti Jerman. AS akhirnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Jerman dan Kongres mengesahkan anggaran militer sebesar 250 juta dolar untuk persiapan perang.

Tanggal 6 April 1915, parlemen AS secara resmi menetapkan bahwa AS akan bergabung dalam pasukan Sekutu. Pada tanggal 26 Juni, 14.000 tentara AS mendarat di Perancis. Ketika perang berakhir tahun 1918, lebih dari 2 juta tentara AS terjun dalam perang Dunia I dan 50.000 di antaranya tewas. Praktek seperti ini, yaitu ikut terjun dalam perang yang sesungguhnya di luar wewenangnya, masih diteruskan oleh para pemimpin AS hingga saat ini, seperti dalam Perang Vietnam dan Perang Irak yang telah mengorbankan banyak warga AS secara sia-sia.
David Lange Lahir

4 Agustus 1942, David Lange, perdana menteri termuda dalam sejarah New Zealand, terlahir ke dunia. David Lange menuntut ilmu di bidang hukum pada Universitas Auckland. Setelah lulus, David Lange berkarir di bidang hukum hingga tahun 1977 ketika ia berhasil terpilih sebagai anggota parlemen. Pada tahun 1979, David Lange terpilih sebagai wakil ketua Partai Buruh di parlemen dan empat tahun kemudian, ia diangkat sebagai ketua partai dan pemimpin faksi oposisi dalam parlemen. Pada bulan Juli 1984, David Lange diangkat sebagai Perdana Menteri New Zealand dan ia memimpin pemerintahan yang secara radikal melakukan restrukturisasi dalam perekonomian negara. David Lange juga berperan besar dalam pengesahan UU bebas nuklir di New Zealand dan reformasi di bidang pendidikan. Pada tahun 1987, ia kembali terpilih dengan suara masyoritas untuk kedua kalinya menjabat sebagai PM. Akhirnya, pada tahun 1989, David Lange mengundurkan diri dari jabatannya.
Nicholas-Jacque Conte Lahir

4 Agustus 1755, Nicolas-Jacque Conte, pencipta pensil modern, terlahir ke dunia. Sejarah pembuatan pensil berawal pada tahun 1560-an, dengan ditemukannya grafit, bahan pembuat pensil, di Inggris. Dengan cepat, grafit digunakan sebagai alat untuk menulis, meskipun masih dalam bentuk yang primitif. Akhirnya pada tahun 1565, dibuatlah pensil pertama dengan cara memasukkan grafit ke dalam sepotong kayu. Perkembangan dalam pembuatan pensil diteruskan oleh para pengrajin Eropa sampai akhirnya Nicolas-Jacque Conte berhasil menciptakan pensil dalam bentuk modern seperti yang sekarang ini digunakan oleh masyarkat dunia.

Perang Jamal Pecah

17 Jumadits-Tsani tahun 36 Hijriah, terjadi perang antara pasukan Imam Ali a.s. dengan sekelompok kaum muslimin lainnya yang disebut sebagai Perang Jamal. Menurut tulisan sebagian sejarawan, di antaranya Mas’udy, perang ini terjadi karena sekelompok kaum muslimin tidak sanggup lagi menghadapi pemerintahan Imam Ali ynag sangat adil dan mereka ingin merebut kekuasaan dari Imam Ali.

Kelompok tersebut dipimpin oleh Thalhah dan Zubair. Kedua orang ini semula berjanji setia terhadap Imam Ali, namun karena Imam Ali tidak memberi jabatan sesuai yang mereka inginkan, mereka mengingkari janji setia itu. Namun, alasan yang mereka kemukakan dalam melawan Imam Ali adalah demi membalas dendam atas kematian Khalifah Ketiga, Utsman bin Affan.

Thalhah dan Zubair kemudian pergi ke Mekah dan mengumpulkan pasukan dan perlengkapan. Pasukan itu kemudian berangkat menuju Basrah. Imam Ali dan pasukannya juga bersiap mengahdapi pasukan pemberontak ini demi mnghindari fitnah yang lebih besar. Selama beberapa hari, Imam Ali mengajak berunding dan bermusyawarah. Namun, pasukan pemberontak tetap tidak mau menghindari perang. Akhirnya pecahlah perang tersebut dan dimenangkan oleh pasukan Imam Ali a.s.

5 Agustus

Guy de Maupassant Lahir

5 Agustus tahun 1850, Guy de Maupassant, salah seorang penulis cerpen terbaik Perancis, terlahir ke dunia. Maupassant menuntut ilmu di bidang hukum, namun kemudian studinya terhenti karena ia bergabung dengan tentara dalam Perang Perancis-Prussia. Seusai perang, Maupassant tinggal di Paris dan di sanalah ia mulai menggeluti dunia tulis-menulis. Dalam jangka waktu 10 tahun, Maupassant memproduksi 300 cerita pendek, enam novel, dan beberapa buku non-fiksi. Dalam karya-karyanya, Maupassant banyak menuangkan pengalamannya saat perang, kisah-kisah dalam militer dan birokrasi, serta ketidakadilan sosial. Tulisan-tulisan Guy de Maupassant umumnya bergaya naturalis. Karya-karyanya yang terkenal berjudul A Life dan The Rondoli Sisters. Pada usia 40-an, Maupassant terserang penyakit jiwa dan akhirnya meninggal dunia tahun 1893.

Syah Iran Tandatangani Konsitusi

5 Agustus 1906, Syah Iran saat itu, yaitu Syah Muzafarruddin Qajari akhirnya bersedia menandatangani surat perintah diberlakukannya sistem konstitusional di Iran. Keputusan ini diambil setelah rakyat Iran yang dipimpin para ulama dengan gencar melancarkan demonstrasi menentang sistem kerajaan yang absolut dan penuh ketidakadilan serta memebri kesempatan kepada pihak-pihak asing untuk campur tangan dalam urusan dalam negeri Iran. Awalnya, demonstrasi-demonstrasi itu dihadapi pemerintah dengan senjata sehingga banyak warga dan ulama yang gugur. Akhirnya, beberapa ulama besar Iran, antara lain Ayatullah Sayyid Abdullah Behbahani dan Ayatullah Sayyid Muhammad Thabathabai mengadakan aksi mogok di kota Rey dan Qom. Pengaruh para ulama sedemikian besarnya di tengah rakyat Iran, sehingga Syah Muzafaruddin akhirnya menyetujui diterapkannya sistem kontistusi di Iran. Setelah itu, dibentuklah parlemen yang kemudian menetapkan UUD Iran. Namun, tak lama kemudian, proses revolusi konstitusional ini mengalami penyelewengan dan akhirnya Iran kembali ke era despotisme kerajaan sampai akhirnya revolusi Islam di bawah pimpinan Imam Khomeini meraih kemenangannya.

Allamah Sayyid Arif Husain Husaini Gugur Syahid

5 Agustus 1988, Allamah Sayyid Arif Husain Husaini, salah seorang ulama terkemuka dan pejuang Pakistan, gugur syahid akibat serangan teroris. Arif Husaini dilahirkan dalam sebuah keluarga yang relijius dan beliau kemudian menuntut ilmu ke Irak. Di Irak, Arif Husaini sempat bertemu dengan Imam Khomeini yang tengah menjalani masa pengasingan dan ia banyak mengenal pemikiran-pemikiran revolusi Imam Khomeini. Ketika Revolusi Islam di Iran mencapai puncaknya, Arif Husaini juga hadir di Iran dan bergabung bersama rakyat Iran untuk berjuang menggulingkan rezim Syah Pahlevi yang despotik. Akibatnya, Rezim Syah mengusir Arif Husaini kembali ke Pakistan. Di tanah airnya, Arif Husaini aktif dalam penyebaran ajaran Islam, teruatama dalam upaya menciptakan persatuan di antara berbagai mazhab di Pakistan. Namun, perjuangannya terhenti karena dibunuh oleh teroris yang menginginkan terjadinya perselisihan terus-menerus di tengah kaum muslimin Pakistan.

Syaikh Murtadha Anshari Wafat

18 Jumadits-Tsani 1281 Hijriah, Syaikh Murtadha Anshari, seorang ahli fikih, pemikir, dan ulama besar dunia Islam, meninggal dunia di Najaf, Irak. Beliau dilahirkan pada tahun 1214 Hijriah di kota Dazful di selatan Iran. Setelah melalui pendidikan dasarnya, beliau melanjutkan belajar ke Irak. Kemudian, karena ketinggian ilmunya, beliau masuk ke jajaran para ulama terkemuka di zaman itu.

Syaikh Anshari meninggalkan berbagai karya tulis, di antaranya “Ar-Rasail” dan “Al-Makasib Al-Muharramah”.

Syah Nasirudin Serahkan SDA Iran Kepada Inggris

18 Jumadits-Tsani 1289 Hijriah, Syah Nasirudin dari Dinasti Qajar Iran, menyerahkan hak eksplorasi sumber daya alam Iran kepada Baron Julius Duruitir, seorang tokoh kolonialis Inggris. Hak ini meliputi pengalian bahan tambang, pengambilan hasil hutan, dan pembangunan berbagai fasilitas transportasi dan telekominikasi di seluruh penjuru Iran, seperti rel kereta api, kantor pos, bank, dan saluran telegraf demi kepentingan Inggris.

Rakyat Iran dengan dipimpin para ulama menentang pemberian hak istimewa kepada penjajah ini. Syah kemudian membatalkan pemberian hak eksplorasi sumber daya alam ini. Namun, Syah memberikan hak untuk mendirikan Bank Syah dan hak menerbitkan uang kertas di Iran selama 60 tahun kepada Ruiter.

6 Agustus

Fahrenheit Meninggal

6 Agustus tahun 1736, Gabriel Daniel Fahrenheit, fisikawan Jerman penemu derajat suhu, meninggal dunia. Fahrenheit lahir pada tahun 1686. Pada tahun 1720, setelah melakukan berbagai penelitian, Fahrenheit menemukan bahwa penggunaan air raksa dalam pembuatan alat pengukuran suhu akan menjamin keakuratan. Derajat suhu yang digunakan dalam termometer tersebut kemudian diberi nama Fahrenheit, sesuai nama penemunya.

Alexander Fleming Lahir

6 Agustus 1881, Alexander Fleming yang terkenal atas jasanya dalam menemukan penicillin, terlahir ke dunia di Skotlandia. Seusai menunut ilmu di bidang kedokteran di London university, Fleming memulia penlitiannya di bidang vaksin. Sejak awal menggeluti dunia medis, Fleeming telah tertarik pada masalah antiseptik dan aktivitas bakteri di dalam darah. Pada tahun 1928, ketiak ia sednag mempelajari virus influennza, ia menemukan bahwa sejenis jamur yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Fleming menamakan jamur itu sebagai penicilin yang kini diproudksi sebagai obat anti bakteri.
Hiroshima Dibom

6 Agustus 1945, pada pukul 8 lebih 16 menit pagi waktu Jepang, pesawat pengebom AS menjatuhkan sebuah bom atom pertama di dunia di atas kota Hiroshima. Bom yang berkekuatan 20.000 TNT itu dalam sekejap mengancurkan bangunan-bangunan kota Hiroshima, menewaskan 90.000 oranng seketika dan melukai 75.000 orang lainnya. Tiga hari kemudian, tentara AS kembali menjatuhkan bom atom di atas kota Nagasaki dan menimbulkan korban tewas 70.000 orang. Korban akibat bom atom itu masih terus berjatuhan hingga kini karena dampak radioaktif yang ganas secara perlahan membunuh para korban. Perintah pengeboman kedua kota di Jepang itu diberikan oleh Presiden AS saat itu, Harry Truman, dengan tujuan agar Jepang menyerah dalam Perang Dunia II.
Clinton Tandatangani UU Peningkatan Embargo Atas Iran

6 Agustus 1996, Presiden AS Bill Clinton, menandatangani UU peningkatan embargo terhadap Iran. UU yang diberi nama sesuai penggagasnya, yaitu Senator D’Amato ini menyebutkan bahwa setiap perusahaan yang menanamkan modal di industri perminyakan dan gas Iran di atas 40 juta dolar, akan dikenai sanksi ekonomi oleh AS. Dengan disahkannya UU ini, Washington berusha menekan pemerintah Iran yang selama ini selalu menentang campur tangan AS di negaranya. Namun demikian, UU D’Amato ini justru menimbulkan kemarahan negara-negara Eropa karena kepentingan investasi mereka di Iran menjadi terganggu. Pada tahun 1997, perusahaan Perancis TOTAl, dengan mengabaikan UU buatan AS itu, telah menanamkan modal sebesar 600 juta dolar untuk eksplorasi gas di Iran. Tindakan ini pun kemudian disusul oleh berbagai perusahan gas dan minyak lainnya.

Perang Dzaatus-Salasil Berakhir

19 Jumadits-Tsani tahun 8 Hijriah, berakhirlah perang Dzatus-Salasil. Perang ini dimulai karena pasukan musyrikin datang ke Madinah untuk menyerbu kaum muslimin. Rasulullah kemudian mengirim sebuah pasukan muslim untuk menghadang pasukan musyrik tersebut. Namun, ketika mengetahui bahwa pasukan musyrik bersenjata jauh lebih kuat dan lengkap, pasukan ini kembali ke Madinah. Rasul kemudian mengirim pasukan kedua.

Sekali lagi, mereka kembali karena takut melihat persenjataan lawan yang hebat. Akhirnya, Rasul menyuruh Ali bin Abi Tahlib untuk melawan pasukan tersebut. Ali bin Abi Thalib dan pasukannya berhasil mengalahkan kaum musyrikin dan mereka disambut oleh Rasul dengan amat gembira. Banyak sejarawan yang menyatakan bahwa peristiwa ini menjadi sebab turunnya surat Al-Adiyah

7 Agustus

Rabindranath Tagore Meninggal

7 Agustus tahun 1941, Rabindranath Tagore, penulis, penyair, dan filsuf India, meninggal dunia. Ia dilahirkan pada tahun 1861 dan pada usia 17 tahun, ia dikirim ke Inggris untuk menuntut ilmu, namun tidak diselesaikannya. Tagore kemudian aktif dalam perjuangan kemerdekaan India dan melalui syair-syairnya, ia membangkitkan semangat kemerdekaan bangsa India. Tagore adalah teman seperjuangan Mahatma Gandhi. Pada tahun 1915, Tagore diberi gelar kebangsawanan oleh pemerintahan Inggris namun beberapa tahun kemudian Tagore mengembalikan penghargaan itu sebagai protesnya terhadap kebijakan Inggris di India. Karya-karya Tagore banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sehingga ia pun menjadi terkenal di dunia sastra Barat. Syair-syair Tagore dianggap menyuarakan warisan spiritual India. Karya-karya Rabindranath Tagore antara lain berjudul Manasi, Sonar Tari dan Gitanjali.

AS, Libanon, PLO Tandatangani perjanjia

7 Agustus 1982, AS, Libanon, dan organisasi pembebesan Palestina atau PLO menandatangani perjanjian yang berisi penarikan mundur pasukan PLO dari Beirut, ibu kota Libanon. Perjanjian ini dilakukan menyusul serangan meluas yang dilancarkan rezim Zionis ke Libanon sejak bulan Juli tahun 1982 dengan tujuan mengusir tentara PLO keluar dari Libanon. Meskipun tentara Zionis memiliki perlengkapan militer yang sangat canggih, tetapi tentara PLO berhasil melakukan perlawanan selama 80 hari. Namun akhirnya, ketua PLO, Yaser Arafat, bersedia menarik 12.000 pasukannya keluar dari Libanon dan kemudian berpangkalan di delapan negara Arab lainnya. Meskipun demikian, kehadiran tentara Zionis di Libanon terus mendapatkan pelawanan dari pejuang muslim Libanon, sampai akhirnya tentara Zionis terpaksa angkat kaki dari wilayah itu pada tahun 2000.
Imam Khomeini Lahir

20 Jumadits-Tsani 1289 Hijriah, Imam Ruhullah Musawi Khomaeini, pendiri republik Islam Iran, terlahir ke dunia di kota Khomein, di Iran tengah. Beliau mendapatkan pendidikan agama sejak masa kecil dan melanjutkannya ke Qom. Karena kemampuannya yang tinggi, dengan cepat Imam Khomeini mencapai derajat mujtahid. Selain menguasai masalah fiqih, beliau juga ahli di bidang filsafat dan sufisme dan bahkan menciptakan syair-syair sufi. Beliau memulai aktivitas politiknya sejak masih muda namun semakin meningkat sejak tahun 1953. Akibatnya, beliau kemudian dibuang ke Turki, lalu ke Irak.

Selama 14 tahun masa pembuangannya, beliau mampu mendidik murid-murid yang kemudian menjadi tokoh pejuang melawan rezim tiran dan dengan berbagai cara mampu mengungkapkan esensi rezim Syah yang anti agama dan anti rakyat. Akibatnya, rakyat semakin sadar atas kebobrokan rezim Syah dan semakin meningkatkan perlawanan mereka terhadap Syah. Akhirnya, pada tahun 1978, Syah Reza melarikan diri ke luar negeri.

Imam Khomeini pada tahun itu pula kembali ke Iran dan mendirikan Republik Islam Iran. Selama sepuluh tahun beliau memimpin pemerintahan Islam yang menghidupkan nilai-nilai Islam dan menentang campur tangan para imperialis Barat di dunia ketiga. Imam Khomeini menunjukkan kepada dunia sebuah sistem pemerintahan baru dan membuktikan kecemerlangan serta kemampuan Islam untuk menegakkan sebuah pemerintahan yang kuat dan berpihak kepada nilai-nilai kemanusiaan.

Imam Khomeini juga banyak meninggalkan karya tulis, di antaranya “Asrarus-Shalah”, “Misbahul Hidayah”, dan “Wilayatul Faqih”. Kumpulan khutbah dan pesan-pesan beliau tercatat dalam buku “Shahifatun-Nur” yang berjumlah 21 jilid. Kumpulan syair sufi beliau juga telah diterbitkan.

Fatimah Azzahra as Lahir

20 Jumadits-Tsani tahun ke-8 sebelum Hijriah, Sayyidah Fathimah Az-Zahra putri Nabi Muhammad SAWW, terlahir ke dunia. Beliau dibesarkan dalam bimbingan wahyu dan melewati masa-masa perjuangan menegakkan Islam bersama ayah beliau. Pada tahun ke-2 Hijriah, Sayyidah Fathimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib dan sejak saat itu dia melakukan tugas sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, yaitu Imam Hasan, Imam Husain, dan Sayyidah Zainab. Beliau membesarkan anak-anaknya dengan ajaran iman dan Islam. Dalam kehidupan sosial, beliau juga berperan dengan menyampaikan kebenaran dan teguh membela haknya. Bahkan sampai meninggalnya, yaitu tak lama setelah wafatnya Rasulullah, beliau masih berjuang menegakkan kebenaran.

Fathimah Azzahra adalah teladan wanita sedunia. Di antara nasehat beliau adalah, “Allah menjadikan keimanan sebagai alat untuk membersihkanmu dari kesyirikan, shalat sebagai alat untuk menyucikanmu dari takabur, kepatuhan kepada kami adalah alat untuk mengukuhkan agama, mengakui kepemimpinan kami adalah alat untuk mencegah keterpecahan, dan kecintaan kepada kami adalah sumber dari kehormatan Islam.”

8 Agustus

Kaisar Nero Meninggal

8 Agustus tahun 68, Kaisar Nero dari Romawi yang dikenal kejam, meninggal dunia pada usianya ke 31 tahun karena bunuh diri. Sebelumnya, Nero telah meracuni ayah angkatnya Claudius Pertama dan dia kemudian menggantikan kedudukan ayah angkatnya itu sebagai Kaisar Romawi. Selama masa pemerintahannya yang kuat, Nero telah membunuh banyak orang terdekatnya, seperti ibunya, istrinya, dan saudaranya sendiri, dan bangsawan-bangsawannya. Kaisar berhati kejam ini juga melakukan pembunuhan massal orang-orang Kristen dan membakar kota Roma. Kekejamannya ini menimbulkan berbagai gerakan pemberontakan sampai akhirnya, menjelang kemenangan para pembrontak, Nero mengakhiri sendiri kehidupannya.

Stalin Mengumumkan Perang dengan Jepang

8 Agustus tahun 1945, Stalin, pemimpin Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang. Pasukan Soviet kemudian menyerang Manchuria, yang terletak di timur Cina. Soviet dan Jepang sebelumnya telah menandatangani perjanjian non-agresi. Namun, setelah Amerika mengebom Hiroshim dan Jepang sedang bersiap untuk menyerah, Soviet menggunakan kesempatan ini untuk merebut beberapa wilayah kekuasaan Jepang. Tentara Soviet dalam akhir serangannya itu berhasil merebut Korea Utara dan kepulauan Coral. Hingga kini, kepulauan Coral masih dikuasai Rusia dan perundingan antara Rusia dan Jepang mengenai nasib kepulauan ini hingga kini masih belum mencapai hasilnya.

Rachard Nixon Mnegundurkan Diri

8 Agustus 1973, Richard Nixon, Presiden Amerika pada waktu itu, terpaksa mengundurkan diri. Nixon yang berasal dari Partai Republik ini terpaksa mundur karena kecurangan dalam pemilu yang disebut sebagai skandal Watergate. Dalam masa kampanye pemilu tahun 1972, orang-orang Partai Republik menyusup ke markas Partai Demokrat yang menjadi saingan mereka di Watergate, Wasington. Mereka kemudian mencuri dokumen-dokumen Partai Demokrat dan memasang alat penyadap untuk mendengarkan pembicaraan internal partai ini. Nixon akhirnya menang dalam pemilu tersebut, namun secara bertahap skandal ini akhirnya terbongkar dan Nixon pun mengundurkan diri. Gerald Ford, wapres saat itu kemudian menggantikan posisi Nixon sampai masa 4 tahun periode kepresidenan berakhir.

Ayatullah Musawi Khui Meninggal Dunia

8 Agusutus tahun 1992, Ayatullah Al-Udzma Sayyid Abul Qasim Musawi Khui, seorang ahli fiqih besar dan marji’ taklid kaum muslimin dunia, meninggal dunia pada usianya ke 96 tahun. Sayyid Khui dilahirkan di kota Khui di barat laut Iran. Pada usia muda, dia dikirim belajar ke Najaf Irak dan di sana beliau mempelajari ilmu-ilmu agama dan filsafat. Pada usia yang masih muda, beliau sudah mencapai derajat mujtahid. Beliau meninggalkan banyak karya tulis yang menjadi rujukan para ulama dan sekolah-sekolah Islam, di antaranya “Al Bayan fi Tafsiiril Quran”, “Jawaahirul Ushul”, “Mishbahul Faqahah”, dan “Muntakhabul Rasail”.

Ayatullah Khui selama periode marjaiyyatnya, memiliki peran khusus dalam berbagai masalah penting dunia. Misalnya, dalam masalah Palestina, beliau mengeluarkan fatwa untuk membela Palestina dan membebaskan kota Quds.

Taliban Menduduki Mazare Sharif

8 Agustus tahun 1998, dalam perang saudara di Afganistan, kelompok Taliban berhasil menduduki kota Mazar Syarif yang terletak di utara negara ini. Setelah menduduki Mazar Syarif , Taliban menyerang konsulat Iran di kota ini dan membunuh 8 diplomat dan seorang wartawan Iran. Kejahatan Taliban terhadap warga negara Iran dan Afganistan, menimbulkan kemarahan dunia internasional. Dewan Keamanan PBB juga mengecam tindakan kelompok ini.

Kelompok Taliban dibentuk pada tahun 1994 dengan dukungan AS dan Pakistan dan kemudian berhasil menduduki sebagian besar wilayah Afganistan. Kelompok ini lalu melakukan berbagai aksi pelanggaran HAM di Afganistan. Namun, akhirnya, pada bulan Oktober 2001, Taliban digulingkan oleh Amerika yang bekerja sama dengan aliansi utara Afganistan. Alasan yang dikemukakan AS dalam serangannya terhadap Taliban adalah karena kerjasama kelompok ini dengan jaringan terorisme Al-Qaida.

Muhsin bin Ali Tanukhi Wafat

21 Jumadits-Tsani tahun 384 Hijriah, Muhsin bin Ali Tanukhi, seorang sastrawan dan sejarawan muslim, meinggal dunia pada usia 55 tahun. Dia memiliki kemampuan yang tinggi dalam syair dan sastra. Dalam waktu yang sangat singkat, ia menghasilkan banyak karya sastra. Tanukhi memperlajari ilmu dan agama yang berkembang di zamannya dalam waktu yang singkat. Setelah itu dia bekerja di bidang peradilan. Di antara karya-karyanya adalah buku “Al-Faraj ba’das-Syiddah” yang berisi kumpulan fakta sejarah dan sosial yang ditulisnya dengan teliti dan gaya penulisannya yang khas.

9 Agustus

Perjanjian Iran dan Inggris

9 Agustus tahun 1919, ditandatangani perjanjian antara Inggris dan Iran yang diwakili oleh Watsaqud-Daulah, Perdana Menteri Iran pada waktu itu dan Lord Carson, Menteri Luar Negeri Inggris. Berdasarkan perjanjian yang dikenal dengan nama “Perjanjian 1919” ini, urusan ekonomi, militer, dan politik Iran berada di bawah pengawasan pejabat Inggris. Inggris memaksakan perjanjian ini terhadap Iran setelah terjadi revolusi di Rusia yang menyebabkan negeri itu mundur dari kancah persaingan kolonialisme. Namun, rakyat Iran dan masyarakat internasional menentang perjanjian ini sehingga akhirnya perjanjian ini dibatalkan. Satu setengah tahun kemudian, Inggris mendalangi kudeta yang menghantarkan Reza Khan menjadi Syah Iran. Melalui Reza Khan, Inggris meneruskan penguasaannya atas Iran.

Pemboman Nagasaki

Tanggal 9 Agustus tahun 1945, tiga hari selepas ledakan bom atom di Hiroshima, AS kembali menjatuhkan bom atomnya di Nagasaki atas perintah Presiden AS waktu itu, Harry Truman. Dalam sekejap, kota pelabuhan itu luluh lantak dan 80.000 orang tewas seketika. Dampak bahan radioaktif bom tersebut juga menambah jumlah korban. Tujuan AS dalam serangan bom ini adalah untuk mengalahkan Jepang secara total dan menunjukkan kekuatan AS di dunia. Meskipun akhirnya Jepang bertekuk lutut kepada Sekutu, namun bahaya bom atom ini masih ada karena negara-negara pemilik bom ini, terutama AS, tidak akan ragu-ragu mengulangi kejahatannya itu bila kepentingannya berada dalam bahaya.

Herman Hesse Meninggal

9 Agustus 1962, Herman Hesse penulis dan penyair Jerman, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1877 di sebuah keluarga religius dan sejak muda, ia sudah menciptakan syair. Pada usia 20 tahun, dia sudah menerbitkan kumpulan syairnya. Pada tahun 1912, dia mengubah kewarganegaraannya menjadi warga Swiss dan berdomisili di sana. Pada akhir tahun-tahun terakhir usianya, Hesse melakukan perjalanan ke negara-negara Timur dan dia menjadi amat terpengaruh oleh kebudayaan dan adat istiadat Timur. Pada tahun 1946, Hesse meraih hadiah nobel. Di antara karya-karya Hesse adalah “Serigala Padang Pasir” dan “Kegembiraan Lukisan.”

Singapura Pisahkan Diri

9 Agusutus tahun 1965, kepulauan Singapura memisahkan diri dari Malaysia dan hari ini dijadikan sebagai hari kemerdekaan negara itu. Pada tahun 1819, oleh penguasa Johor, Malaysia, Singapura diserahkan kepada perusahaan Hindia Timur milik Inggris dan lima tahun kemudian, Singapura resmi menjadi jajahan Inggris. Pada Perang Dunia Kedua, Singapura diduduki oleh Jepang. Namun, pada tahun 1945, dengan masuknya Sekutu, penjajahan Jepang atas Singapura berakhir dan negeri ini kembali menjadi jajahan Inggris. Pada tahun 1963, dengan terbentuknya Federasi Malaysia, Singapura dijadikan bagian dari federasi ini. Namun, pada tahun 1965, Singapura memisahkan diri dan mencapai kemerdekaannya. Kepulauan Singapura memiliki luas wilayah 622 kilometer persegi dan terletak di asia Tenggara, berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia.

Ayatullah Tsaqafi Wafat

9 Agustus tahun 1985, Ayatullah Mirza Muhammad Tsaqafi, ulama dan ahli fiqih kontemporer Ian, meninggal dunia pada usianya ke-90. Beliau dilahirkan di Teheran dan menempuh pendidikan di hauzah ilmiah Qom sampai akhirnya mencapai derajat mujtahid. Beliau membaktikan hidupnya demi menyebarkan syariat suci Islam dan banyak meninggalkan karya tulis di bidang tafsir Quran, Ushul Fiqih, dan Hadis, di antaranya “Tafsir Rawan Jawid” yang terdiri dari lima jilid.

10 Agustus

Perjanjian Sevres

10 Agustus tahun 1920, ditandatangani perjanjian Sevres antara imperium Utsmani dan negara-negara Sekutu. Perjanjian ini ditandatangani setelah imperium Ustmani mengalami kekalahan dalam Perang Dunia Kedua dan berdasarkan perjanjian tersebut, 80 persen wilayah kekuasaan imperium Ustmani terpaksa diserahkan kepada Sekutu. Akibatnya, wilayah imperium ini yang semula 3 juta km persegi berkurang hingga 600 ribu km persegi. Perjanjian Sevres ini meresmikan kesepakatan antara Perancis dan Inggris mengenai pembagian wilayah Imperium Ustmani. Inggris kemudian meguasai Irak, Yordan, dan Palestina sedangkan Perancis menguasai Syria dan Libanon.

Di samping itu, berdasarkan perjanjian ini, sebagian wilayah Turki saat ini diserahkan kepada Yunani, Italia dan Armenistan. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat Turki dan tentara Turki kemudian memerangi para penjajah tersebut. Akhirnya, pada tahun 1923, sekutu kembali menandatangani perjanjian baru dengan Turki yang berisi pengembalian wilayah-wilayah yang semula direbut Sekutu ke tangan Turki.

Perang Jepang Vs Cina

10 Agustus tahun 1937, terjadi perang dua tahun antara Jepang dan Cina dalam memperebutkan Kanton dan Shanghai, dua kawasan penting di Cina. Kanton adalah pelabuhan penting dan strategis di selatan Cina. Rakyat Cina berjuang keras mempertahankan wilayahnya tersebut, namun setelah jatuh korban yang amat banyak, pada tanggal 25 April 1939, pasukan Cina menyerah dan Kanton direbut oleh Jepang. Dengan dimulainya Perang Dunia Kedua, Jepang menduduki kawasan luas di Cina. Namun, rakyat Cina melakukan perlawanan gigih sehingga akhirnya Jepang menarik mundur pasukannya.

Pendudukan Korea

10 Agustus 1945, menyusul kekalahan Jepang dalam Perang Dunia Kedua, wilayah utara semenanjung Korea hingga lintang utara 38 derajat menjadi wilayah kekuasaan Tentara Merah Soviet. Beberapa hari kemudian, bagian selatan semenanjung Korea dikuasai oleh AS. Pendudukan di utara dan selatan semenanjung ini merupakan permulaan dari terbentuknya dua negara Korea Selatan dan korea Utara. Pada tahun 1991 ditandatangani “Perjanjian Persahabatan, Non Agresi, Pertukaran, dan Kerjasama” di antara kedua negara ini.

Ibnu Athaullah Wafat

23 Jumadits-Tsani tahun 709 Hijriah, Ibnu Athaullah, yang terkenal dengan nama Syeikh Kabir, seorang ahli bahasa, tafsir, dan fiqih muslim, meninggal dunia. Beliau dilahirkan di Kairo, Mesir, di tengah keluarga relijius dan setelah menimba ilmu dan pengetahuan agama, beliau menjadi seorang ahli fiqih terkemuka. Kemudian, Ibnu Athaullah membaktikan hidupnya sebagai pengajar agama. Beliau berpendapat, salah satu tugas ulama adalah memberi nasehat kepada para penguasa dan beliau secara bersungguh-sungguh menasehati dan membimbing para penguasa. Di antara karya Ibnu Athaullah yang terkenal adalah “Al-Hukm Al-Athaiyah” dan “Al-Munajaat Al-Athaiyah”.

Ayatullah Mulla Habibullah Syarif Kashani Wafat

23 Jumadits-Tsani tahun 1340 Hijriah, Ayatullah Mulla Habibullah Syarif Kashani, seorang ulama dan ahli fiqih muslim asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan tahun 1262 Hijriah. Beliau melalui pendidikannya dengan amat cepat sehingga pada usia 18 tahun, beliau telah mencapai derajat mujtahid. Mulla Habibulah sangat memperhatikan masalah ilmu dan akhlak, sehingga beliau ikut terjun dalam masalah politik. Ayatullah Habibullah Syarif Kashani meninggalkan karya yang banyak, di antaranya berjudul “Asrarul Arifin”.
11 AGUSTUS

Integrasi Eritrea Dengan Ethiopia

11 Agustus tahun 1952, Haile Selassie, kaisar Ethiopia menandatangani resolusi PBB mengenai penggabungan wilayah Eritrea ke Ethiopia. Wilayah muslim Eritrea sebelumnya dijajah oleh Italia dan pada Perang Dunia Kedua, menjadi jajahan Inggris. Pada bulan Desember tahun 1950, PBB mengesahkan penggabungan Eritrea dengan status pemerintahan federal kepada Ethiopia. Rakyat Eritrea menolak kesepakatan tersebut karena tindakan pemerintah Ethiopia yang sewenang-wenang terhadap mereka. Pada tahu 1960, kelompok Pembebasan Eritrea memulai perjuangan bersenjata mereka demi merebut kemerdekaan. Pada tahun 1993, perjuangan rakyat Eritrea mencapai hasilnya dengan diadakannya referendum yang membuktikan bahwa mayoritas rakyat Eritrea menyetujui pemisahan dari Ethiopia. Eritrea adalah negara yang terletak di timur laut Afrika di tepi laut merah dan memiliki posisi geografi yang penting.

Chad Merdeka

11 Agustus tahun 1960, rakyat Chad berhasil meraih kemerdekaannya dari Perancis dan hari ini dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Chad. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Perancis menyerang Chad dan dalam tiga tahun, mereka berhasil menguasai Chad dan kawasan ini menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1958, Perancis memberi status otonomi kepada Chad dan dua tahun kemudian, Chad secara penuh merdeka dan memiliki pemerintahan berbentuk republik. Chad memiliki luas wialayah 1.284.000 kilometer persegi, terletak di bagian tengah Afrika, dan berbatasan dengan Lybia, Kamerun. Sudan, Afrika Tengah, Nigeria, dan Niger.

Ahmad Raidh Meninggal Dunia

10 Agustus 1973, Ahmad Raidh, seorang miniaturis dan penyepuh terkenal Iran meninggal dunia. Dia dilahirkan di Isfahan dan di sana dia belajar berbagai aliran seni miniatur dari guru-guru seni dan berkenalan dengan seni penyepuhan. Dia kemudian menciptakan berbagai karya keramik dan kaligrafi. Karya Ahmad Raidh dalam pameran internasional Brussel meraih hadiah kedua. Selama 50 tahun berkarya di bidang miniatur dan penyepuhan, Ahmad Raidh memiliki banyak murid dan meninggalkan lebih dari 145 buah karya. Karyanya dalam bidang penyepuhan perak dan kaligrafi tersimpan di sejumlah museum seni nasional Iran

Ahmad bin Ali Baihaqi Sabzewari Wafat

24 Jumadits-Tsani tahun 544 Hijriah, Ahmad bin Ali Baihaqi Sabzewari, seorang ilmuwan muslim meninggal dunia. Dia adalah ilmuwan bidang nahwu dan bahasa yang terkemuka di zamannya. Dia juga menulis tafsir Al-Quran dan mampu membaca Al-Quran dengan bagus. Ahmad bin Ali Baihaqi Sabzewari meninggalkan banyak karya tulis yang umumnya mengenai Al-Quranul Karim.

Abu Zakaria Wafat

24 Jumadits-Tsani tahun 616 Hijriah, Yahya bin Qasim Tsa’labi yang terkenal dengan nama Abu Zakaria, seorang sastrawan dan penyair Arab terkenal, meninggal dunia. Selain menguasai bidang sastra, dia juga merupakan ulama di bidang fiqih, agama, dan tafsir Quran. Abu Zakaria selama bertahun-tahun.

12 Agustus

Frantes Liszt Lahir

12 Agustus tahun 1886, Frantes Liszt, seorang pencipta lagu dari Hongaria, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 1811. Liszt memiliki kemampuan dan bakat istimewa dalam penciptaan lagu. Di antara karya Liszt yang paling terkenal adalah ”Simphony Faust” dan “Hongarian Rapshody”. Di samping mencipta lagu, dia juga menciptakan lirik simfoni.

Mirza Reza Kermani Dihukum mati

12 Agustus tahun 1876, Mirza Reza Kermani, salah seorang pejuang revolusi pada periode Dinasti Qajar di Iran, dihukum mati karena telah membunuh Syah Nasiruddin, salah seorang raja dari dinasti Qajar. Dalam aksi gerakan pemboikotan tembakau untuk melawan penjajahan Inggris, Mirza Reza dituduh mendalangi gerakan rakyat dan karena itu, dia dipenjarakan selama empat tahun. Setelah bebas dari penjara, dia pergi ke Istambul. Di sana, ia bertemu dengan Jamaluddin Asad Abadi dan menjadi pengikutnya.

Pada tahun 1876, Mirza Reza kembali ke Teheran dan memutuskan untuk menyingkirkan Shah Nasiruddin karena raja yang zalim, kejam, dan despotik ini telah menimbulkan penderitaan rakyat. Pada tanggal 3 Mei tahun itu pula, dia membunuh Syah Nasiruddin di kompleks makam Syekh Abdul Azhim di kota Rey, selatan Teheran. Mirza Reza lalu ditangkap polisi dan dijatuhi hukuman mati.

Konvensi Perlakuan Terhadap Korban dan Tawanan Perang” disahkan

12 Agustus 1949, ”Konvensi Perlakuan Terhadap Korban dan Tawanan Perang” disahkan oleh PBB di markasnya di Jenewa. Konvensi ini disusun akibat perlakuan yang tidak manusiawi terhadap korban dan tawanan Perang Dunia Kedua. Di dalam konvensi tersebut ditetapkan bahwa semua negara tidak berhak membunuh atau menyiksa korban dan tawanan perang. Korban luka pun harus mendapatkan pengobatan. Selain itu, tawanan perang berhak mendapatkan fasilitas kesejahteraan minimal dan berkomunikasi dengan keluarganya.

Negara-negara yang memiliki tawanan perang juga diwajibkan untuk sesegera mungkin mengirimkan nama-nama tawanan mereka kepada Palang Merah Dunia dan memberikan kesempatan kepada para wakil Palang Merah untuk menjenguk tawanan tersebut. Namun, sebagian besar negara sama sekali tidak mematuhi konvensi ini.

Pasukan Maronit Kuasai Kamp pengungsi Tel Za’ter

12 Agustus tahun 1976, kamp pengungsian Palestina “Tel Za’ter” yang terletak di dekat Beirut, ibu kota Libanon, jatuh ke tangan pasukan para-militer Maronit dan para penghuninya dibunuh massal. Ribuan pengungsi Palestina tinggal di kamp pengungsian ini. Pada awal tahun 1976, kamp ini dikepung oleh pasukan semi militer Maronit yang dipersenjatai oleh rezim Zionis dan akhirnya pada bulan Agustus, 3000 warga sipil Palestina dibunuh secara massal dan dikubur menjadi satu di kamp pengungsian tersebut. Peristiwa mengerikan ini menimbulkan protes keras dari masyarakat dunia terhadap rezim Zionis dan para pendukungnya di Libanon.

13 Agustus

Raja Henry Keempat Membebaskan Sekte Protestan

13 Agustus tahun 1598, Raja Henry Keempat mengeluarkan sebuah perintah yang membebaskan mazhab Protestan secara penuh. Perintah yang dinamakan perintah “Nantes” ini merupakan sebuah perintah penting dan bersejarah di Perancis. Namun, perintah “Nantes” ini kemudian dibatalkan oleh Raja Louis Ke-14 pada tahun 1685.

Alfred Hitchcock Lahir

13 Agustus tahun 1899, Alfred Hitchcock, seorang sineas Inggris yang amat terkenal, lahir ke dunia. Awalnya, pada tahun 1920, dia memulai karirnya di bidang perencanaan, namun kemudian dia menjadi seorang sutradara film. Karena secara kebetulan, sebagian besar karyanya berupa film detektif dan horor, para pengamat film menjulukinya Hitchcock sebagai master film horor. Dia meninggal pada tahun 1980. Di antara karya-karya Hitchcock yang terkenal adalah “Utara dari Arah Barat Laut”, “Tirai Robek”, dan “Roh”.

Muhammad Reza Memecat Doktor Moshadeq

13 Agustus 1953, Muhammad Reza, raja terakhir dari Dinasti Pahlevi di Iran, secara ilegal memecat Doktor Moshadeq dari jabatan perdana menteri dan menggantikannya dengan Mayor Jenderal Zahedi. Keputusan Syah Reza ini diambil atas desakan AS dan Inggris karena pemerintahan Moshadeq, dengan dukungan rakyat, telah menasionalisasi minyak Iran. Untuk menghindarkan diri dari dampak keputusannya itu, Syah Reza pergi ke utara Iran. Setelah usaha penyingkiran Moshadie tersebut gagal, Syah kemudian melarikan diri ke Irak, lalu ke Italia. Namun, enam hari kemudian, AS dan Inggris mendalangi kudeta terhadap pemerintahan Moshadeq. Setelah Moshadeq tersingkir, Syah Reza kembali ke Iran untuk meneruskan pemerintahan despotiknya dengan dukungan AS dan Inggris yang berkeinginan menguras habis sumber-sumber minyak Iran.

Afrika Tengah Merdeka

13 Agustus tahun 1960, Afrika Tengah meraih kemerdekaannya dari Perancis. Negara yang semula bernama “Ubangi Shari” ini pada abad ke-19 menjadi jajahan Perancis. Pada tahun 1958, Afrika Tengah diberi status otonomi khusus oleh Perancis dan baru dua tahun kemudian meraih kemerdekaan penuh dan memiliki pemerintahan berbentuk republik. Afrika Tengah memiliki luas wilayah 623.000 kilometer persegi, terletak di bagian tengah benua Afrika, dan berbatasan dengan Sudan, Chad, Kamerun, dan Republik Demokratik Kongo.

Demo Akbar Anti Syah di Isfahan

13 Agustus tahun 1978, menyusul gerakan demontrasi besar-besaran di seluruh penjuru Iran, warga kota Isfahan juga mengadakan demonstrasi menentang rezim Syah Pahlevi. Gerakan perjuangan rakyat Isfahan untuk menggulingkan Syah sedemikian luasnya sehingga rezim Pahlevi merasa takut dan memberlakukan pemerintahan militer di sana.

Syaikh Jamaluddin Miqdad Hali Asady Wafat

26 Jumadits-Tsani tahun 826 Hijriah, Syaikh Jamaluddin Miqdad Hali Asady, ahli fiqih dan ulama muslim Irak, meninggal dunia. Dia dilahirkan di Irak dan menjadi murid Muhammad bin Maki. Dalam rangka menyempurnakan dan menafsirkan dasar-dasar ilmu fiqih yang diajarkan oleh gurunya itu, Syaih Asady yang terkenal dengan nama “Fadhil Miqdad” ini, menyusun berbagai kitab. Di antara karya-karya Fadhil Miqdad yang terkenal berjudul “Adab Haji” dan “Ayatul Ahkam”.

14 Agust

Leonardo Da Vinci Lahir

551 tahun yang lalu, yaitu tanggal 14 Agustus tahun 1452, Leonardo Da Vinci, pelukis dan pematung Italia, terlahir ke dunia. Sejak masa kecilnya, Da Vinci sudah memperlihatkan kemampuan yang besar di bidang melukis dan dengan cepat ia mencapai kemahiran yang sempurna di bidang ini. Pada tahun 1506, dia ditunjuk sebagai pelukis Raja Louis ke-12 dan kemudian menjadi pelukis Raja Francis Pertama.

Selain melukis dan membuat patung, Da Vinci juga mendalami bidang fisika dan matematika. Bangunan gereja Milan merupakan karya arsitektur paling termasyhur dari Da Vinci. Karya lukisnya yang paling terkenal adalah “Senyum Monalisa” dan “Makan Malam Terakhir.” Da Vinci meninggal pada tahun 1519.

Michael Farada Ciptakan Bensin

14 Agustus tahun 1825, Michael Faraday, ahli fisika dan kimia Inggris, setelah melakukan penelitian yang panjang, berhasil menemukan bensin. Bensin merupakan bahan turunan dari minyak. Hingga kini, bensin digunakan sebagai bahan bakar di bidang transportasi dan industri.

Jepang Menyerah Kepada Pasukan Sekutu

14 Agustus tahun 1945, Jepang menyerah kepada pasukan Sekutu dalam Perang Dunia Kedua. Dengan demikian, perang yang dimulai pada tahun 1939 dengan serangan tentara Nazi Jerman terhadap Polandia, berakhir di Jepang. Jepang dan Amerika sejak bulan Desember 1941 saling berperang dengan dahsyat. Akhirnya, perang ini berakhir setelah AS menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki yang membunuh hampir 200.000 warga Jepang.

Pakistan Memisahkan Diri dari India

14 Agustus tahun 1947, Pakistan memisahkan diri dari India dan mengumumkan kemerdekaannya. Pada abad ke-8 agama Islam masuk ke anak benua India dan sebagian dari wilayah Pakistan sekarang, selama masa penjajahan Ingrris pada akhir abad ke-18, dulu dikuasai oleh kaum muslimin. Bersamaan dengan bangkitnya perjuangan rakyat India melawan penjajahan Inggris, pada tahun 1906 terbentuk partai “Liga Muslim” yang diketuai Muhammad Ali Jinah dan bertujuan untuk membentuk sebuah pmerintahan Islami.

Partai ini kemudian secara bertahap mampu menarik kekuatan kaum muslimin dan akhirnya terbentuklah negara Pakistan. Awalnya, Pakistan terdiri dari dua wilayah yang terpisah, yaitu di timur dan barat India. Namun, karena ketidakpuasan rakyat Pakistan Selatan atas pemerintahan pusat, akhirnya di Pakistan Selatan memisahkan diri dan membentuk negara Banglades pada tahun 1971. Pakistan sampai tahun 1970 berbentuk pemerintahan militer dan kemudian berubah bentuk menjadi Republik Islam Pakistan. Pakistan memiliki luas wilayah lebih dari 803 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Iran, India, Afganistan, dan China.

Hujjatul Islam Sayyid Ali Andarzgu Gugur

14 Agustus tahun 1978, Hujjatul Islam Sayyid Ali Andarzgu, seorang pejuang melawan rezim tirani Iran, gugur syahid akibat dibunuh oleh kaki-tangan rezim Syah. Sayyid Andarzgu memulai perjuangannya melawan kekejaman rezim Syah pada usia ke-19 tahun dan kemudian menjadi anggota kelompok aliansi Islami dan menjadi salah seorang perencana dan pelaksana hukuman mati terhadap Hasan Ali Mansur, Perdana Menteri Iran waktu itu.

Hasan Ali adalah penandatangan perjanjian kapitulasi yang berisi hak kekebalan hukum warga Amerika di Iran. Dengan alasan terbunuhnya Perdana Menteri Hasan Ali itulah, rezim Syah kemudian mengadili Sayyid Andarzgu secara in absentia dan menjatuhinya hukuman mati. Sejak saat itu, Sayyid Andarzgu melakukan perjuangan bawah tanah selama 13 tahun. Akhirnya, pada tahun 1978, di Teheran, kaki-tangan Syah mengenali identitasnya dan dalam sebuah bentrokan bersenjata, Sayyid Andarzgu gugur syahid.

Haji Mirza Husain Nuri Tabrisi Wafat

27 Jumadits-Tsani tahun 1320 Hijriah, Haji Mirza Husain Nuri tabrisi, seorang ulama muslim Iran, meninggal dunia. Ulama ini sangat utama dalam ibadah, ketakwaan, kehati-hatian, dan penyucian jiwa. Beliau banyak meninggalkan karya penulisan di bidang ilmu hadis, tafsir Quran, dan penjelasan mengenai ulama-ulama Islam. Semua itu ditulisnya degan penuh ketelitian dan kekhasan. Beliau juga menulis mengenai Ahlul Bait Rasulullah SAWW. Di antara karya beliau yang paling terkenal adalah “Mustadrak Wasail” yang berisi catatan kehidupan ulama-ulama besar muslim.

Mirza Abul Hasan Azarbaijani Mishkini Wafat

27 Jumadits-Tsani tahun 1358 Hijriah, Mirza Abul Hasan Azarbaijani Mishkini, seorang ulama Iran, meninggal dunia di kota Baghdad. Sejak masa mudanya, Mirza Mishkini telah menuntut ilmu kepada ulama-ulama besar sampai akhirnya beliau sendiri menjadi salah satu di atara ulama-ulama besar zaman itu. Beliau sangat menguasai ilmu fiqih, ushul fiqih, dan tafsir Quran. Di antara karya-karya Mirza Mishkini adalah sebuah buku tafsir atas kitab “Makasib” karya Syaikh Murtadha Anshari.

15 Agustus

Tentara India Mulai Melawan Koloni Inggris

15 Agustus tahun 1857, dimulailah sebuah perlawanan melawan penjajahan Inggris yang dimulai oleh tentara India. Para tentara India yang berada di bawah komandan Inggris ini dengan segera berhasil menguasai Delhi, ibu kota India, dan mengalahkan tentara Inggris. Rakyat kemudian bergabung dengan tentara India dan beberapa kota yang berada di bawah pendudukan Inggris berhasil dibebaskan.

Namun, kemudian terjadi pertentangan pendapat mengenai kepemimpinan dan hal-hal lainnya di antara para pejuang India tersebut. Hal ini membuka jalan bagi Inggris untuk melakukan serangan balasan dan membunuh massal rakyat sipil. Satu tahun setelah perlawanan besar rakyat India ini, Inggris secara resmi menjadikan India sebagai koloni sehingga dengan mudah bisa melakukan represi terhadap rakyat dan menguras kekayaan India.

India Merdeka

15 Agustus tahun 1825, rakyat India setelah bertahun-tahun berjuang melawan penjajahan Inggris, berhasil meraih kemerdekaannya. Tanah air India memiliki sejarah yang panjang dan peradaban yang maju, serta berbagai dinasti dari dalam dan luar India pernah menjadi penguasa di negeri itu. Pada abad ke-8, Islam menyebar di sebagian kawasan India dan sebagian wilayah India berada di tangan kaum muslimin. Sejak abad ke-16, dimulailah penjajahan Inggris terhadap negeri ini.

Rakyat India berkali-kali melakukan perlawanan melawan Inggris, namun selalu gagal. Sejak tahun 1895, dengan didirikannya partai Kongres Nasional India, perjuangan rakyat India menajdi lebih terorganisasi dan semakin kuat. Apalagi, setelah Mahatma Gandi bergabung dengan partai ini dan memimpin kebangkitan “perlawanan negatif”, perlawanan rakyat India semakin besar sampai akhirnya di tahun 1948 Inggris terpaksa melepaskan wilayah jajahannya yang terluas dan terpenting itu. Setahun kemudian, Gandhi dibunuh. Pada tahun 1950, pemerintahan republik terbentuk di India.

India memiliki luas wilayah sekitar 3 juta 287 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Pakistan, Cina, Nepal, Bangladesh, Butan, dan Myanmar.

Korea Selatan Terbentuk

15 Agustus tahun 1948, negara Korea Selatan terbentuk. Semenanjung Korea pada pertengahan awal abad ke-20 diduduki oleh negara-negara kuat dunia. Pada tahun 1905, semenanjung Korea diduduki oleh Jepang. Namun, dengan kalahnya Jepang dalam Perang Dunia Pertama, Soviet menduduki bagian utara semenanjung Korea dan Amerika menduduki bagian selatannya. Pengaruh Soviet akhirnya menyebabkan terbentuknya pemerintahan komunis di Korut dan pengaruh AS menyebabkan berdirinya Republik Korsel yang berorientasi Barat.

Korsel terletak di tepi Samudera Teduh, berbatasan dengan Korea Utara, dan memiliki luas wilayah 98 ribu kilometer persegi.

Kongo Merdeka

15 Agustus tahun 1960, negara Kongo, yang terkenal dengan nama Kongo Brazzaville, berhasil meraih kemerdekaannya dari Perancis. Di masa lalu, Kongo dan Angola termasuk bagian dari wilayah Republik Demokratik Kongo yang sebelumnya bernama Zaire. Wilayah ini ditemukan oleh Portugis pada abad ke-15 namun kemudian dijajah dalam waktu yang sangat lama oleh Perancis.

Kongo memiliki luas wilayah 342 ribu kilometer persegi, terletak di sebelah barat benua Afrika dan di tepi Laut Atlantik, serta berbatasan dengan Afrika Tengah, Kamerun, Gabon, Republik Demokratik Kongo, dan Angola.

Saddam Terima Lagi Perjanjian Perbatasan Irak- Iran

15 Agustus tahun 1990, Presiden Irak saat itu, mengirimkan surat kepada Presiden Iran, Hashemi Rafsanjani, yang berisi kesediannya untuk menerima isi perjanjian perbatasan tahun 1975 yang ditandatangani di Aljazair. Sebelumnya, pada tahun 1960, di depan kamera televisi, suart perjanjian perbatasan ini dirobek-robek Saddaam Husain dan beberapa hari kemudian, tentara Irak melakukan invasi ke Iran.

Saddam Husain dan para pendukungnya memperkirakan bahwa dalam waktu singkat Iran berhasil mereka kuasai, namun, perlawanan rakyat Irak sangat kuat sehingga terjadi perang selama delapan tahun. Setelah mengalami kekalahan yang berkepanjangan, Irak terusir dari wilayah Iran. Dua tahun setelah berakhirnya perang yang dipaksakan itu, sementara Irak menduduki Kuwait, Saddam Husain menyatakan menerima isi perajnjian perbatasan 1975 tersebut.

Abul Qasim Syatibi Wafat

28 Jumadits-Tsani tahun 590 Hijriah, Abul Qasim Syatibi ulama dan pembaca Al-Quranul Karim asal Mesir, meninggal dunia. Meskipun buta, Syatibi yang termasyhur dengan nama Imamul Qura’ selain menguasai ilmu pembacaan Al-Quran, juga menguasai ilmu tajwid, nahwu, tafsir Quran, hadis, bahasa, dan ilmu-ilmu agama lainnya. Dia juga sangat banyak menghapal hadis. Abul Qasim Syatibi banyak meninggalkan karya di antaranya “Qasidah Syatibiah” yang berisi berbagai masalah tajwid dan telah dicetak berkali-kali di Mesir dan India.

Mirza Muhammad bin Sulaiman Tankabani Wafat

28 Jumadits-Tsani tahun 1302 Hijriah, Mirza Muhammad bin Sulaiman Tankabani, ulama dan sastrawan Iran meninggal dunia. Selain ahli dalam fiqih, dia juga sastrawaan yang berilmu dan penyair yang berbakat pada zamannya. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Tankabani adalah “Qishahul Ulama” yang berisi penjelasan mengenai keadaan dan karya-karya sebagian ulama pada masa lampau. Karya Tankabani lainnya adalah “Al-Fawaid fi Ushulid-Din” yang berisi penjelasan mengenai prinsip agama dalam bentuk bait-bait

16 AGUSTUS

Louis Agasis Lahir

16 Agustus tahun 1807, Louis Agasis, seorang arkeolog Swiss, terlahir ke dunia. Dia banyak melakukan pnelitian dan penelahaan mengenai fosil-fosil dan pengaruh pembekuan di dalam planet bumi. Penelitiannya memberikan peran yang sangat banyak dalam penemuan para arkeolog penerusnya. Agasis meninggal tahun 1873.

Cyprus Merdeka

16 Agustus tahun 1960, kepulauan Cyprus setelah bertahun-tahun dilanda kerusuhan, akhirnya mencapai kemerdekaannya. Sampai tahun 1878, Cyprus dikuasai oleh imperium Utsmani dan pada tahun itu pula, dalam kongres Berlin, imperium Utsmani menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris. Sejak saat itu, orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan 75 persen dari populasi kepulauan ini, menuntut agar Cyprus bergabung dengan Yunani. Akibatnya, situasi politik di Cyprus menjadi kacau dan akhirnya terbentuklah dewan legislatif di sana.

Di pihak lain, pernyataan Turki yang akan melindungi hak-hak orang Turki di kepulauan itu, semakin memanaskan situasi. Akhirnya, masalah Cyprus oleh uskup Makarius dibawa ke PBB dan negara ini kemudian meraih kemerdekaannya pada tahun 1960. Pemerintahan Cyprus berbentuk republik dan uskup Makarius menjadi presiden pertama negara ini.

Namun, kemerdekaan ini ternyata tidak membawa ketenangan di negeri ini. Pada tahun 1974, Turki menyerang Cyprus dan menduduki wilayah utara negara ini. Kini, secara praktis, Cyprus terbagi dua bagian, yaitu daerah pendudukan Turki di utara dan daerah pendudukan Yunani di Selatan.

Cyprus terletak di tepi Laut Mediterania, di sebelah selatan Turki dan memiliki luas wilayah 9251 kilometer persegi.

17 AGUSTUS

Indonesia Merdeka

17 Agustus tahun 1945, rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, karena Belanda tidak mengaku proklamasi ini, terjadilah perang kemerdekaan selama empat tahun. Pada tahun 1947, Belanda melakukan agresi militer pertama dan berhasil kembali menduduki sebagian wilayah Indonesia. Pada bulan Januari tahun 1948, ditandatangani perjanjian gencatan senjata bernama “penjanjian Renville”. Namun, bulan Desember tahun itu pula, kembali Belanda melakukan agresi kedua. Kemudian, atas tekanan PBB, di tahun 1949 Belanda bersedia menghentikan agresinya dan menyerahkan kedaulatan kepada bangsa Indonesia.

Gabon Merdeka

17 Agustus tahun 1960, Gabon, sebuah negara di bagian barat Afrika, meraih kemerdekaannya. Awalnya, Gabon dijajah oleh Portugis pada akhir abad ke-15. Pada pertengahan abad ke-19, Perancis memasuki wilayah ini. Pada kongres Berlin, Gabon resmi berada di bawah kekuasaan Perancis sampai akhirnya Gabon meraih kemerdekaannya.

Gabon memiliki luas wilayah 267 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Afrika Tengah, Kongo, Kamerun, dan Ghana.

Rudolph Hess,Bunuh Diri

17 Agustus tahun 1987, Rudolph Hess, mantan sekretaris Hitler, bunuh diri di dalam sel penjaranya di Inggris. Hess lahir pada tahun 1894. Pada tahun 1920, dia menjadi anggota partai Nazi dan kenal dekat dengan Hitler, bahkan kemudian diangkat menjadi sekretaris pribadinya. Setelah Partai Nazi meraih kekuasaannya pada tahun 1933, Hess diangkat sebagai deputi pemimpin partai. Dia pun kemudian mengontrol hampir semua bidang di Jerman, termasuk legislatif, yudikatif, dan administrasi negara. Setelah kekalahan Jerman dalam Perang Dunia Kedua, Hess diadili di Pengadilan Penjahat Perang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Pemulangan Pertama Tawanan Iran

17 Agustus tahun 1990, sekelompok pasukan Iran yang selama ini ditawan oleh Rezim Saddam, untuk pertama kalinya menginjakkan kaki kembali di tanah air mereka. Pertukaran tawanan antara Iran dan Irak ini merupakan realisasi dari resolusi Dewan keamanan PBB nomor 598 mengenai perdamaian kedua negara. Saddam Husain yang saat itu berada dalam tekanan internasional karena agresinya ke Kuwait, setelah menerima perjanjian perbatasan Aljazair tahun 1975, juga bersedia membebaskan tawanan dan mundur total ke wilayah internasional.

Selama perang Iran-Irak dan setelahnya, para tawanan Iran berada dalam penjara yang kondisinya amat mengenaskan. Sebaliknya, para tawanan Irak di Iran diperlakukan sesuai nilai-nilai Islami. Akibatnya, 7000 tawanan Irak di bawah pengawasan Palang Merah Internasional, tidak mau kembali ke Irak dan meminta suaka dari pemerintah Iran. Hari pertama dibebaskannya tawanan Iran ini diperingati setiap tahun dengan nama Hari Pembebasan.

18 AGUSTUS

Perang Ajnadin

18 Agustus tahun 653, terjadilah perang Ajnadin antara kaum muslimin dan orang-orang Romawi. Perang yang berlangsung di kawasan Ajnadin Palestina ini, dimenangkan oleh kaum muslimin, meskipun jumlah pasukan Romawi beberapa kali lipat dari pasukan muslim. Pasukan Romawi setelah mengalami kekalahan besar, mundur sampai ke Damaskus, sehingga kawasan jajahannya yang sangat luas terpaksa dilepaskan.

Kamalul Mulk Wafat

18 Agustus tahun 1940, Muhammad Ghafari yang terkenal dengan nama Kamalul Mulk, pelukis terkemuka Iran, meninggal dunia di kota Naishapur di timur laut Iran. Dia belajar di sekolah seni “Darul-Funun” di Teheran dan mencapai kesuksesan besar di bidang seni lukis. Kamalul Mulk selama beberapa waktu bekerja pada Syah Nasirudin Qajar dan menghasilkan sekitar 170 karya lukis yang sangat indah dan bernilai tinggi.

Kemudian, untuk menambah penegetahuannya di bidang seni lukis, Kamalul Mulk melakukan perjalanan ke Eropa. Sepulang dari Eropa, dia mengajar seni lukis kepada para seniman Iran. Setelah Reza Khan mencapai kekuasaannya, Kamalul Mulk diasingkan ke Naishapur karena menolak melukis Syah Reza dan anaknya. Kamalul Mulk tinggal di Naishapur hingga meninggal dunia. Dia dikuburkan di pekuburan Athar Naishapuri. Karya-karyanya yang terkenal, antara lain, “Padang Karbala”, “Pemburu”, dan “Taman dan Kolam Surga”.

Gencatan Sejata Iran-Irak

18 Agustus tahun 1988, diumumkan gencatan sejata antara Iran dan Iran oleh PBB setelah delapan tahun berlangsung perang yang dipaksakan. Gencatan senjata ini merupakan salah satu poin dari resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 598.

Setelah revolusi Islam menang di Iran, kekuatan-kekuatan besar dunia merasa bahwa kepentingannya di Iran terancam. Mereka juga mengkhawatirkan terjadinya kebangkitan rakyat di kawasan Timur Tengah. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai upaya untuk menggulingkan pemerintahan Islam Iran. Akhirnya, Saddam Husain didorong maju oleh Barat, terutama AS, untuk menyerang Iran.

Pada tahun 1980, Irak memulai serangannya terhdap Iran. PBB kemudian mengeluarkan resolusi agar kedua pihak melakukan gencatan senjata. Namun, dalam resolusi itu tidak disebutkan sama sekali kecaman atas agresi Irak dan tuntutan agar pasukan Irak mundur sesegera mungkin dari wilayah Iran. Setelah akhirnya pasukan Iran dengan penuh keimanan dan kekuatan memukul mundur Irak, PBB terpaksa mengeluarkan resolusi nomor 598 tersebut dan gencatan senjata kedua negara resmi dimumkan.

Bulan Suci Rajab

Hari ini merupakan hari pertama bulan Rajab, sebuah bulan yang dipenuhi oleh rahmat dan kemuliaan. Bulan Rajab dan dua bulan berikutnya, yaitu Sya’ban dan Ramadan adalah periode pembangunan jiwa agar mencapai kesempurnaan dan mendekati Tuhan. Rasulullah SAWW mengenai bulan Rajab ini pernah bersabda, “Bulan Rajab adalah bulan Allah yang besar dan bulan kemuliaan. Di dalam bulan ini perang dengan orang kafir diharamkan. Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadan adalah bulan umatku.”

Berpuasa di bulan Rajab sangatlah berpahala. Banyak riwayat yang menyebutkan besarnya pahala dan ampunan Tuhan pada bulan ini. Pada tanggal 27 Rajab, sebuah peristiwa besar terjadi, yaitu diangkatnya Muhammad SAWW sebagai Rasul Allah SWT. Selain itu, pada tanggal 13 Rajab, amirul mukminin, Ali bin Abi Thalib a.s. terlahir ke dunia.

Imam Muhammad Baqir a.s Lahir

1 Rajab 57 Hijriah, Imam Muhammad Baqir a.s., keturunan Nabi Muhammad generasi kelima, terlahir ke dunia. Beliau dijuluki dengan nama Baqir yang bermakna “pemecah ilmu” karena beliau berhasil memecahkan dan menyelesaikan masalah serta kerumitan dalam berbagai bidang ilmu pada masa itu selesaikan degan penuh ketelitian dan kemampuan yang tinggi. Periode keimaman beliau, yaitu tahun 96 Hijriah, bertepatan dengan akhir masa kekuasaan dinasti Umawiyah dan melemahnya kekuatan dinasti ini. Kesempatan ini digunakan oleh Imam Baqir untuk memperkuat pemikiran dan kebudayaan Islam. Pada masa keimaman beliau dan putranya, Imam Ja’far Shadiq, banyak bidang keilmuan yang mencapai kegemilangannya dan murid kedua imam ini pun mengembangkan sebagian ilmu-ilmu tersebut dan menemukan cabang-cabang ilmu yang baru.

Di samping mengembangkan ilmu pengetahuan, Imam Baqir juga mengajarkan akhlak. Beliau amat menekankan sikap kebaikan, kedermawanan, dan kesediaan untuk mengunjungi orang sakit. Beliau bukan hanya mengajarkan akhlak, tetapi memberi teladan dengan amat sempurna mengenai akhlak Islami. Beliau pernah bersabda, “Siapa saja yang memiliki akhlak baik, sifat bersahabat, dan moderat, akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhrat. Sebaliknya, mereka yang memiliki akhlak buruk, langkahnya akan membawanya ke arah keburukan.”

Rasyidudin Shuwari Wafat

Tanggal 1 Rajab 639 Hijriah, Rasyidudin Shuwari, ahli flora dan tabib terkemuka muslim, meninggal dunia. Pada masa mudanya, dia melakukan perjalanan ke berbagai tempat dalam rangka mencari ilmu. Dia amat menitikberatkan perhatian terhadap penelitian tanaman obat. Hal inilah yang menjadi keistimewaan Shuwari. Banyak peneliti yang menyatakan bahwa Shuwari adalah peletak dasar keilmuan tanaman obat. Di antara karya Shuwari yang terpenting adalah sebuah ensiklopedia bergambar tentang ilmu flora.

Muhaqqiq Khansari Wafat

1 Rajab Husain bin Ahmad, yang terkenal dengan nama Muhaqqiq Khansari, seorang hakim dan fiqih Iran, meninggal dunia. Ilmuwan muslim ini merupakan salah satu di antara pengajar ilmu agama terkemuka di Iran pada zamannya dan memilki banyak murid. Muhaqqiq Khansari meninggalkan banyak karya, di antaranya terjemahan Al-Quran dan penjelasan terhadap kitab-kitab terkemuka Islam.

19 AGUSTUS

Taiwan Jatuh ke Jepang

19 Agustus tahun 1895, Cina setelah kalah dalam perang melawan Jepang, terpaksa menyerahkan kepulauan Taiwan kepada Jepang berdasarkan perjanjian Simonoseki. Namun, ketika akhirnya Jepang kalah dalam Perang Dunia Kedua, Taiwan dikembalikan kepada Cina. Kemudian, di dalam negeri Cina terjadi perang internal antara kaum komunis dibawah pimpinan Mao Tse- Tung dengan pasukan pemerintah di bawah pimpinan Chiang Kai Sek. Perang ini berakhir dengan kemenangan kaum komunis dan Chiang Kai Sek serta pasukannya dengan perlindungan AS mendirikan pemerintahan di Taiwan. Meskipun hingga kini, AS selalu melindungi Taiwan, namun Cina terus berusaha utnuk mengembalikan Taiwan ke dalam wilayah kekuasaannya.

Fedriko Garcia Lorca Terbunuh

19 Agustus tahun 1936, Fedriko Garcia Lorca, penyair dan dramawan Spanyol, mati terbunuh. Dia dilahirkan pada tahun 1899 dan karya pertamanya berjudul “Emosi dan Pemandangan”. Buku syairnya yang terkenal berjudul “Buku Syair”, “Pengantin Darah” dan “Syair New York”. Lorca yang merupakan pendukung partai republik dalam perang internal Spanyol dibunuh oleh pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Jenderal Franco.

Kudeta Atas Pemerintahan Mushaddieq di Iran

19 Agustus tahun 1953, terjadi sebuah kudeta terhadap pemerintahan Dr. Mushadiq di Iran. Dengan digulingkannya Mushadiq, Syah Muhammd Reza Pahlevi yang tiga hari sebelum kudeta melarikan diri ke Italia, kembali menduduki kekuasaannya di Iran. Kudeta ini didalangi oleh CIA dan bekerja sama dengan Inggris dan memanfaatkan perpecahan yang terjadi di antara para poltikus dan rakyat.

Sebelum terjadinya kudeta ini, rakyat muslim Iran berhasil menghentikan penguasaan Inggris atas industri minyak Iran dan menasionalisasi industri minyak tersebut. Namun, kebangkitan rakyat ini menjadi lemah karena terjadinya pertentangan antara para pemimpin politik dan ruhaniwan.

Dalam situasi seperti itu, komandan militer Tehran mengumumkan pelarangan segala bentuk demostrasi. Namun, sekelompok preman yang sebelumnya sudah diorganisasi bersama dengan pasukan Syah turun ke jalan dan menyerang pusat-pusat pemerintahan. Kemudian, Zahedi, seorang perwira pro-AS mengumumkan jatuhnya pemerintahan Mushadiq dan mengangkat dirinya sebagai perdana menteri melalui radio.

Setelah kudeta, Syah Reza kembali berkuasa dan menerapkan politik yang amat menekan rakyat dan memberlakukan sensor yang sangat ketat. Hasil lain dari kudeta ini adalah meningkatnya pengaruh AS di Iran dan mengurangi pengaruh Inggris.

Kudeta Terhadap Presiden Gorbachev

19 Agustus tahun 1991, sekelompok militer Uni Soviet di bawah pimpinan Genadi Yanayev, melakukan kudeta terhadap Presiden Gorbachev. Para pelaku kudeta ini berkeinginan untuk mengakhiri reformasi Gorbachev dan menghalangi terpecah-pecahnya Uni Soviet. Pada saat terjadinya kudeta, Gorbachev sedang berada di kepulauan Krim di tepi laut Hitam. Boris Yeltsin yang saat itu menjadi presiden negara bagian Rusia dengan dukungan Barat dan rakyat membungkam kudeta tersebut. Digagalkannya kudeta ini membuat kekuasaan Yeltsin semakin besar dan keruntuhan Uni Soviet semakin cepat.

Ibnu Rumi Lahir

2 Rajab tahun 221 Hijriah, Ibnu Rumi, penyair terkenal Arab terlahir di dunia di kota Baghdad. Sejak kecil dia menimba ilmu dari ayahnya dan dari ulama-ulama terkemuka pada masa itu. Ibnu Rumi sejak muda telah menguasai ilmu sastra dan telah menciptakan syair-syair yang indah. Ibnu Rumi dianggap sebagai penyair khusus Imam Hasan Asykari a.s. – salah satu keturunan Rasulullah SAWW—karena banyak menciptakan syair yang memuji beliau. Rumi meninggal tahun 283 Hijriah.

Abu Raihan Biruni Wafat

2 Rajab Abu Raihan Biruni, ilmuwan terkemuka Iran meninggal dunia di kota Gazneh Afganistan. Abu Raihan Biruni sejak mua telah tertarik pada ilmu matematika dan ilmu alam dan dalam waktu singkat dia mampu menjadi ilmuwan besar di bidang itu. Biruni juga menguasai bidang sejarah, geografi, kedokteran, obat-obatan, perbintangan, filsafat, dan berbagai bahasa, di antaranya Arab, Yunani, dan Sansekerta. Abu Raihan Biruni adalah penemu fenomena rotasi bumi dan dia berhasil menghitung bahwa setiap hari bumi berotasi dan dalam setahun bumi berputar mengelilingi matahari.

20 AGUSTUS

Brussel Dikuasai Jerman

20 Agustus tahun 1914, Brussel, ibu kota Belgia dikuasai oleh tentara Jerman. Brussel merupakan ibu kota pertama yang berhasil dikuasai Jerman dalam Perang Dunia Pertama. Meskipun Belgia telah mengumumkan netralitas negara ini dalam perang, namun Jerman sejak tanggal 4 Agustus 1914 menyerang pertahanan militer Leez yang merupakan penghalang terbesar masuknya tentara Jerman ke Belgia. Enam belas hari kemudian, Brussel sepenuhnya diduduki oleh Jerman.

Roman Roland Meninggal Dunia

20 Agustus tahun 1944, Roman Roland, penulis dan sastrawan Perancis meninggal dunia. Roland dilahirkan pada tahun 1866 di Fiurne. Di antara karya-karya yang ditinggalkan Roland adalah novel-novel berjudul “Jean Kristof” dan “John Shifte”. Selain menulis novel dan naskah drama, Roland juga menulis biografi para pembesar dan orang-orang terkenal dunia, di antaranya Bethoven.

Pasukan Pakta Warsawa Masuki Praha

20 Agustus tahun 1968, tentara Pakta Pertahanan Warsawa yang dipimpin Uni Soviet memasuki Praha, ibu kota Chekoslovakia, dan untuk ke sekian kalinya, penguasa komunis kembali bercokol di negeri itu. Sebelumnya, akibat adanya ketidaksukaan rakyat terhadap pemerintahan komunis, Aleksander Dubchek, seorang tokoh moderat dari Chekoslovakia yang menjadi perdana menteri negara ini, memberikan kebebasan terbatas kepada rakyatnya. Tindakan Perdana Menteri ini menimbulkan kekhawatiran para pemimpin Uni Soviet. Oleh karena itulah dilakukan tindakan militer oleh negara-negara anggota Pakta Warsawa. Tentara Uni Soviet kemudian menduduki negeri itu sambil melakukan represi terhadap rakyat. Aleksander Dubchek disingkirkan dan gerakan kebebasan rakyat Chekoslovakia yang dikenal dengan nama “Musim Semi Praha” secara total dilumpuhkan. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Chekoslovakia memecah diri menjadi dua negara, yaitu Cheko dan Slovakia.

Demo Akbar Anti Syah di Abadan

20 Agustus tahun 1978, rakyat kota Abadan di selatan Iran mengadakan demonstrasi besar-besaran menentang rezim Syah. Demonstrasi ini dipicu oleh tindakan tidak manusiawi rezim Syah yang membakar bioskop Rex di kota itu dan menewaskan 277 laki-laki, perempuan, dan anak-anak.

AS Serang Afganistan dan Sudan

20 Agustus tahun 1998, Amerika menghujani Afganistan dan Sudan dengan rudal jarak jauh. Serangan ini didasarkan kepada klaim Washington bahwa pelaku pengeboman Kedubes AS di Kenya dan Tanzania dua minggu sebelumnya, terkait dengan Afganistan dan Sudan. Selain itu, Washington memberi alasan bahwa penyerangan terhadap sebuah pabrik obat-obatan di Sudan dilakukan karena pabrik itu produsen senajat kimia. Tuduhan AS ini sama sekali tidak pernah terbukti. Sebagian pengamat politik menyatakan bahwa serangan ini dilakukan untuk memalingkan perhatian masyarakat dari skandal asusila Bill Clinton, presiden AS waktu itu. Oleh karena itulah, serangan ini menimbulkan kemarahan dunia internasional terhadap politik agresi AS.

Imam Ali An-Naqy a.s Gugur

3 Rajab 254 hijriah, Imam Ali An-Naqy a.s. keturunan generasi ke sembilan Rasulullah SAWW, gugur syahid. Beliau dilahirkan pada tahun 212 Hijriah di sekitar kota Madinah dan berada di bawah bimbingan ayah beliau, Imam Jawad a.s. Setelah Imam Jawad meninggal, Imam Ali An-Naqy diangkat sebagai imam kaum muslimin. Salah satu julukan beliau adalah Imam Hadi, yang artinya orang yang memberi petunjuk. Beliau mengajarkan Islam kepada umat muslim daan menjawab berbagai pertanyaan dan persoalan yang diajukan kepadanya. Di samping itu, Imam Hadi dikenal juga kedermawanannya. Tidak seorang fakir miskinpun yang pergi dari rumahnya dengan kekecewaan. Karena ketinggian ilmu dan kemuliaan akhlaknya itu, Imam Hadi amat dicintai umatnya dan hal ini menimbulkan kedengkian penguasa saat itu, yaitu raja Dinasti Abasiah.

Karena itulah beliau akhirnya dibunuh dan gugur syahid.

Salah satu di antara hadis Imam Ali An-Naqy atau Imam hadi a.s. adalah, “Berhati-hatilah terhadap orang yang tidak menjaga kehormatan dan kemuliaan dirinya sendiri.”
21 AGUSTUS

Perang Iran Vs Ottoman

21 Agustus tahun 1514, terjadi perang Chaldoran yang merupakan perang terbesar dalam sejarah Iran dan Imperium Utsmani. Perang ini terjadi di sebuah padang pasir bernama Chaldoran yang terletak di antara kota Tabriz dan Khui di barat laut Iran. Perang ini terjadi antara tentara Syah Ismail Safawi dan kekuatan Sultan Salim Utsmani. Pasukan Utsmani yang memiliki persenjataan lebih kuat, berhasil menang dalam pertempuran itu.

Reynold Nicholson Meninggal Dunia

21 Agustus tahun 1945, Reynold Nicholson, ilmuwan dan orientalis Inggris, meninggal dunia. Dia lahir pada tahun 1868. Nicholson bekerja sebagai dosen bahasa di Universitas Cambridge London. Dia melakukan penelaahan yang mendalam mengenai sastra Iran dan menganggap dirinya sebagai murid Jalaluddin Rumi, penyair sufi terkenal Iran. Nicholson melakukan penelitian selama 25 tahun mengenai Rumi dan merupakan penerjemah pertama karya Rumi ke dalam bahasa Inggris. Penyuntingan atas buku “Tadzkiratul Awliya”, karya Attar Naishaburi dan penulisan buku “Sejarah Sastra Arab”, adalah di antara karya-karyanya yang terkenal.

Traktat Pertahanan Santo Didirikan

21 Agustus tahun 1959, sebuah traktat pertahanan yang dinamakan Santo beranggotakan Iran, Turki, Pakistan, dan Inggris didirikan di Ankara, untuk menggantikan Pakta Baghdad. Meskipun Amerika secara resmi bukan anggota organisasi itu, dan hanya berstatus sebagai peninjau dalam sidang-sidang Santo, namun secara prakteknya, Washington melakukan campur tangan dalam keseluruhan keputusan-keputusan organisasi ini. Kenyataannya, Santo di timur dan Nato di barat, saling berkaitan satu sama lain dalam rangka menandingi Uni Sovyet. Setelah kemenangan revolusi Islam Iran, negara ini keluar dari pakta Santo, pada tahun 1979, dan organsiasi ini secara praktis bubar.

Masjid Al-Aqsha Dibakar Kaum Zionis

21 Agustus tahun 1969, Masjid Al-Aqsha yang merupakan kiblat pertama kaum muslimin, dibakar oleh rezim Zionis. Akibat kebakaran ini, Masjid Al-Aqsha mengalami kerusakan berat. Rezim Zionis menyatakan bahwa pelaku pembakaran itu seorang turis asal Autralia yang kemudian ditangkap dan diadili. Namun, pengadilan sandiwara yang dilaksanakan di Tel Aviv memutuskan bahwa turis tersebut mengalami gangguan jiwa dan karena itu dia dibebaskan. Menanggapi kejadian pembakaran ini, rakyat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan demonstrasi. Selain itu, pembakaran masjid Al-Aqsha ini mendorong pemerintah negara-negara muslim mendirikan Organisasii Konferensi Islam dengan tujuan untuk mengadaapi bahaya yang mengancam dunia dan kesucian Islam.

Estonia Merdeka

21 Agustus tahun 1991, Estonia yang merupakan salah satu negara bagian Uni Soviet, mengumumkan kemerdekaannya. Setelah revolusi komunis Soviet dan usainya Perang Dunia Pertama, Estonia untuk pertama kalinya berdiri tahun 1918. Namun, berdasarkan perjanjian rahasia yang ditandatangani Hiler dan Stalin pada tahun 1939, Estonia menjadi bagian dari Uni Soviet. Setahun kemudian, setelah dilakukan pemilu semu dan terbentuknya pemerimtahan boneka, negara ini resmi bergabung dengan Uni Soviet.

Saat berlangsungnya era keruntuhan Sovyet pada dekade 1980, rakyat Estonia juga memperjuangan kemerdekaannya. Akhirnya, melalui sebuah referendum bulan Maret tahun 1991, diketahui bahwa 80 % rakyat kawasan itu menginginkan kemerdekaan.

Muhammad bin Ali Wasithy Wafat

4 rajab 592 hijriah, Muhammad bin Ali Wasithy, seorang penyair muslim, meninggal dunia. Penyair yang terkenal dengan nama Ibnu Muallim ini dilahirkan pada tahun 501 hijriah. Dalam syair-syairnya, Ibnu Muallim menyampaikan ajaran akhlak dan kemasyarakatan dengan bahasa yang sederhana dan lancar. Selain itu, Ibnu Mualim juga menulis syair-syair sufi. Karya-karya syairnya itu dikumpulkan dalam sebuah buku kumpulan puisi

22 AGUSTUS

Perang La Rochelle Pecah di Perancis

376 tahun yang lalu, yaitu tanggal 22 Agustus tahun 1628, terjadi Perang “La Rochelle” di Perancis, yang merupakan perang terakhir antara kaum Katolik dan Protestan. Perang ini dimulai oleh kaum Protestan Inggris. Kaum Katolik yang dilindungi oleh tentara Perancis di bawah pimpinan Kanselir Perancis saat itu, Richelieu, berjuang melawan kaum Protestan dan mempertahankan kota La Rochelle. Perang berakhir satu tahun kemudian dengan kemenangan kaum Katolik dan pembebasan kota La Rochelle dari penguasaan Protestan.

Perjanjian Segi Tiga Rusia, Polandia, dan Denmark

22 Agustus tahun 1698, ditandatangani Perjanjian Segitiga antara tiga negara yaitu Rusia, Polandia, dan Denmark. Para raja di ketiga negara tersebut bermaksud mengalahkan Raja Swedia yang masih muda, Charol Ketiga, dan menjajah Swedia. Oleh karena itu, dua tahun kemudian, pada bulan April tahun 1700, negara-negara anggota Perjanjian Segitiga itu menyerang Swedia. Raja Charol Ketiga berjuang mempertahankan negerinya dan berhasil mengalahkan tiga negara tersebut. Setelah mengadakan perdamaian dengan Denmark, pada tahun 1704, Raja Charol Ketiga menyerang Polandia dan menjajah negeri itu. Selanjutnya, Raja Swedia itu menyerang Rusia, namun gagal meraih kemenangan.

Claude Debussy Lahir

22 Agustus tahun 1862, Claude Debussy, pencipta lagu dari Perancis terlahir ke dunia di sebuah daerah di dekat Paris. Dia dibesarkan di tengah keluarga yang menyukai seni dan dengan segera memperlihatkan kemampuannya di bidang musik. Debussy menciptakan perubahan dan inovasi dalam bahasa musik. Di antara karya-karya Debussy yang terkenal adalah “Laut” dan “Kesaksian Sebastian Suci”. Debussy meninggal tahun 1918.

Eropa, Asia, dan Amerika Teken Perjanjian Jenewa

22 Agutus tahun 1864, ditandatangani Perjanjian Bersejarah “Genewa” oleh wakil-wakil sejumlah negara Eropa, Asia, dan Amerika. Tujuan ditandatanganinya perjanjian ini adalah untuk mengirimkan tim penolong kepada para pasukan yang terluka di medan perang. Berdasarkan perjanjian ini, anggota tim kedokteran, para penolong, dan fasilitas yang terkait dengan mereka, harus dianggap netral dalam medan pertempuran apapun. Oleh karena itu, tim kedokteran tersebut harus dilindungi keselamatannya. Pelopor perjanjian ini adalah seorang berkebangsaan Swiss, bernama Henry Dunant.

Abu usuf Ya’qub bin Ishaq Gugur Syahid

5 Rajab 244 Hijriah, Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq yang terkenal dengan nama Ibnu Sukait” ilmuwan dan ahli bahasa terkemuka muslim, gugur syahid akibat dibunuh oleh salah satu penguasa Dinasti Abasiah. Dia dilahirkan di Khuzestan di barat daya Iran dan kemudian bersama keluarganya pergi ke Baghdad. Di sana, ia belajar kepada ulama-ulama terkemuka pada zaman itu. Ketermasyhuran Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq menyebabkan khalifah Mutawakil memintanya untuk mengajar anaknya. Namun, karena Ibnu Sukait mengajarkan kecintaan terhadap Ahlul Bait Rasulullah, khalifah Mutawakil akhirnya membunuhnya.

Ibnu Sukait meninggalkan lebih dari 20 jilid buku yang di antaranya berjudul “Islahul Mantiq” dan sebuah buku kumpulan syair.

Shihabuddin Suhrawardi Gugur Syahid

5 Rajab 578 Hijriah, Shihabuddin Suhrawardi, yang dijuluki Syaikh Asyraf, hakim dan filsuf besar Iran, gugur syahid. Suhrawardi karena kepintaran dan kekuatan hapalannya, dengan cepat menguasai berbagai ilmu keislaman, khusunya ilmu filsafat. Dia juga melakukan perjalanan ke berbagai kota-kota Islam untuk belajar kepada ulama-ulama di kota-kota tersebut. Suhrawardi kemudain mendirikan sebuah pusat pengajaran filsafat baru yang dinamai Asyraf. Berlawanan dengan para filsuf pada zaman itu, dia berkeyakinan bahwa akal dan argumentasi tidak cukup untuk mencapai hakikat, melainkan harus ditambah dengan proses pencapaian sufistik. Pandangan filsafat dan sufisme Suhrawardi menimbulkan kemarahan para penentangnya dan dia kemudian ditangkap, lalu dibunuh.

Buku-buku karya Suhrawardi, di antaranya berjudul “Hikmatul Asyraf”, “Al-Mabda’ wal Ma’ad”, dan “Kitabul Talwiihat”.

23 AGUSTUS

Andre Chenier Lahir

23 Agustus tahun 1762, Andre Chenier, penyair dan sastrwawan abad ke-18 Perancis, terlahir ke dunia. Dia memiliki bakat alami dan sejak masa mudanya dia telah memperlihatkan kemampuan seninya. Karya-karyanya dengan sangat cepat termasyhur di Perancis. Pada masa Revolusi Perancis, Chenier ditangkap oleh Pemimpin Revolusi Perancis, Robespierre, dengan tuduhan menentang politik represif Robespierre. Chenier dijatuhi hukuman mati pada tahun 1794.

Pakta Praha Diteken

23 Agustus tahun 1866, ditandatangani Pakta Praha oleh dua negara yaitu Prusia dan Austria. Pakta bersejarah yang ditandatangani di kota Praha ini dilakukan atas permintaan Austria yang kalah dari Prusia dalam Perang Autria-Prusia. Dengan adanya pakta ini, persekutuan Jerman yang diketuai Austria dibubarkan. Berdasarkan Pakta Praha, sebagian wilayah Austria diserahkan kepada Jerman.

Jerman dan Uni Soviet Teken Perjanjian Tidak Saling Serang

23 Agustus tahun 1939, Menteri Luar Negeri Jerman dan Menlu Soviet menandatangani perjanjian untuk tidak saling menyerang di antara kedua negara selama sepuluh tahun. Saat itu, pemimpin Jerman adalah Hitler dan pemimpin Rusia adalah Stalin. Pada bulan Juni tahun 1941, pasukan Nazi Jerman melanggar perjanjian ini dan menyerang Uni Soviet.

Perang Stalingrad Pecah

23 Agutus tahun 1942, terjadi perang Stalingrad antara pasukan Uni Soviet dan Nazi Jerman. Hanya dalam sehari, empat puluh ribu tentara Jerman dan Uni Soviet tewas terbunuh. Penyebab terjadinya korban yang sedemikian banyak adalah karena adanya perintah Hitler yang menyuruh pasukannya agar dalam kondisi apapun, kota Stalingrad harus dikalahkan. Akibatnya pasukan Jerman bertempur mati-matian untuk merebut kota tersebut. Namun, rakyat kota Stalingrad juga melakukan perlawanan yang sangat kuat sehingga pasukan Nazi gagal mencapai tujuannya. Para sejarawan menilai, kekalahan Jerman di Stalingrad merupakan awal dari kejatuhan Hitler.

Abu Muhamamd Qasim Bin Ali Bashry Wafat

6 Rajab 516, Hijriah, Abu Muhamamd Qasim Bin Ali Bashry, yang terkenal dengan nama Ibnu Hariry, seorang sastrawan dan penulis Iran yang bermukim di Bagdad, meninggal dunia. Dia adalah penulis buku berjudul “Maqaamaat” yang merupakan buku bahasa yang hampir tidak ada bandingannya. Dalam buku ini, Ibnu Hariry menjelaskan ….Oleh karena itulah hingga kini, buku karya Ibnu Hariry tersebut masih menjadi rujukan untuk mengenal sastra Arab.

24 AGUSTUS

Meksiko Merdeka

24 Agustus tahun 1821, Meksiko meraih kemerdekaannya dari Spanyol. Meksiko memiliki sejarah yang sangat tua sejak 5000 tahun sebelum Masehi. Negeri ini memiliki berbagai peradaban penting dan kekaisaran terakhir di sana adalah kekaisaran Aztec. Pada tahun 1518, Spanyol masuk ke Meksiko dan dengan memanfaatkan krisis internal serta ketidakpahaman rakyat Meksiko terhadap maksud kedatangan Spanyol, akhirnya Spanyol berhasil menjajah negeri ini. Sejak saat itu, jutaan orang Spanyol datang ke Spanyol dan membunuh sebagian besar kaum kulit merah negeri ini.

Meksiko juga menjadi pintu gerbang bagi masuknya Spanyol ke benua Amerika. Setelah hampir tiga abad menjajah Meksiko, kekuatan Spanyol mulai berkurang dan sejak awal abad ke-19, rakyat Meksiko memulai perlawanan untuk merebut kemerdekaannya. Kebangkitan rakyat Meksiko ini dua kali digagalkan oleh Spanyol dengan melakukan represi yang keras. Akhirnya pada tahun 1821, rakyat Meksiko berhasil mengalahkan Spanyol dan meraih kemerdekaan mereka.

Meksiko memilki luas wilayah dua juta kilometer persegi, terletak di tepi Lautan Teduh dan Teluk Meksiko, serta berbatasan dengan Amerika di utara dan dengan Guatemala di selatan.

Pierre Currie Lahir

24 Agustus tahun 1859, Pierre Currie, ilmuwan fisika Perancis terlahir ke dunia di kota Paris. Kemampuan Currie di bidang matematika dan fisika sudah terlihat sejak masa mudanya dan dia melakukan penelitian yang luas di bidang ini. Pada tahun 1898, dengan bantuan istrinya Marie, Pierre Currie berhasil menemukan radium. Pada tahun 1906, Pierre Currie meninggal dunia.

Perjuangan Tembok Ratapan Dimulai

24 Agustus tahun 1929, dimulai perjuangan “Tembok Ratapan” di Baitul Muqaddas, Palestina. Tembok Ratapan terletak di bagian barat Masjid Al-Aqsha, tempat mi’raj-nya Nabi Muhammad SAWW. Oleh karena itu, masjid ini memiliki posisi penting dalam agama dan sejarah umat Islam. Seminggu sebelum dimulainya perjuangan Tembok Ratapan ini, rezim Zionis dengan dukungan Inggris memulai gerakan melawan kaum muslim dalam upaya untuk menduduki wilayah Palestina. Tindakan rezim Zionis inilah yang memacu timbulnya perjuangan Tembok Ratapan di Baitul Muqaddas dan secara cepat meluas ke kota-kota lainnya. Inggris kemudian memberlakukan pemerintahan militer di Palestina. Pasukan Zionis dan Inggris selama satu minggu berusaha memadamkan perlawanan rakyat Palestina. Akhirnya, setelah jatuh ratusan korban yang tewas dan luka-luka, perjuangan rakyat Palestina untuk sementara terhenti. Penguasa Inggris di Palestina kemudian mengadili lebih dari delapan ratus orang Palestina dan menghukum mereka.

Ukraina Merdeka

24 Agustus tahun 1991, Ukraina mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Rusia sejak pertengahan abad ke-17 mulai menduduki Ukraina yang sebelumnya dijajah oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, sebagian besar wilayah Ukraina berhasil diduduki Rusia. Setelah terjadi revolusi komunis Soviet, Ukraina meraih kemerdekaannya. Namun pada tahun 1922, Ukraina dimasukkan sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Soviet.

Setelah keruntuhan Uni Soviet di tahun 1989, timbul gerakan-gerakan kemerdekaan negara-negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Ukraina pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya yang akhirnya berhasil dicapai pada tahun 1991.

Ukraina terletak di tepi Laut Hitam, memiliki luas wilayah lebih dari 600 ribu kilometer persegi, dan berbatasan dengan Belarusia, Polandia, Slovakia, Hongaria, Romania, dan Moldova.

Ibnu Tarara Lahir

7 Rajab tahun 305 Hijriah, Ibnu Tarara, seorang ahli hadis dan sastrawan muslim asal Irak, terlahir ke dunia. Ilmuwan muslim ini menulis banyak karya di bidang fiqih, namun tidak satupun yang bisa ditemukan. Karya Ibnu Tarara lainnya adalah di bidang sastra, yaitu berjudul “Al-Jaliis As-Shaalih Al-Kaafi wal Aniis An-Naasih Asy-Syaafi”. Buku sebanyak seratus jilid ini sebagiannya dimulai dengan hadis Nabi, lalu dilanjutkan dengan penjelasan atas hadis tersebut, dan kemudian diisi dengan hikayat dan syair-syair yang sesuai dengan hadis tersebut. Ibnu Tarara meninggal dunia pada tahun 390 Hijriah.

Syah Muhammad Berkuasa di Iran

7 Rajab tahun 1250 Hijriah, Syah Muhammad, raja ketiga dalam Dinasti Qajar Iran, meraih kekuasaannya. Dalam masa pemerintahannya, dampak negatif peperangan mendiang ayahnya, Syah Fatah Ali, melawan Rusia dan ditandatanganinya perjanjian Gulistan dan Turkeman, mulai dirasakan rakyat. Menurut kedua perjanjian tersebut, sebagian wilayah barat laut Iran diserahkan kepada Tzar Rusia. Pada masa itu pula, Inggris dan Rusia mulai masuk ke Iran dengan tujuan ingin menguasai seluruh wilayah negeri itu. Pada tahun 1264, Syah Muhammad meninggal dunia dan digantikan oleh anaknya, Syah Nashiruddin.

25 AGUSTUS

Perang Salib Dimulai

25 Agustus tahun 1095, dimulailah rangkaian Perang Salib antara kaum Muslimin dan kaum Kristiani. Tujuan jangka pendek orang-orang Kristen adalah menguasai Baitul maqdis, namun tujuan mereka sesungguhnya adalah bergerak ke arah Timur untuk menguasai wilayah Islam yang luas dan menjajah kaum muslimin. Para pengikut gereja dalam perang ini menggunakan tanda salib di pundak dan baju mereka. Oleh karena itulah perang ini dikenal dengan nama Perang Salib.

Tentara Salib setelah beberapa kali berperang dengan kaum muslimin sepanjang perjalanan menuju Baitul Maqdis, akhirnya berhasil mencapai kota ini dan menjajahnya pada tahun 1099. Rakyat kota ini dibunuh massal dan harta benda mereka dijarah. Pada akhir abad ke-12, pasukan muslim di bawah pimpinan Salahuddin Al-Ayubi berhasil mengalahkan Tentara Salib dan pada tahun 1187, kota Baitul Maqdis berhasil direbut kembali oleh kaum muslimin. Perang antara kedua pihak masih terus berlangsung hingga tahun 1270, tetapi Tentara Salib tetap tidak mampu merebut kembali kota Baitul Maqdis. Namun demikian, perang ini telah memperkenalkan peradaban Islam kepada Barat dan memberikan pengaruh kebudayaan, ilmu, dan sosial yang besar terhadap Eropa abad pertengahan.

Uruguay Merdeka

25 Agustus tahun 1825, Uruguay berhasil meraih kemerdekaaannya dari Brazil dan hari ini dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan bangsa Uruguay. Uruguay sejak tahun 1516 dijajah oleh Portugis dan Spanyol. Antara tahun 1810 hingga 1814, setelah terjadi pertempuran berdarah, negara ini meraih kemerdekaannya. Namun, pada tahun 1820, Brazil menjajah negeri ini dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi bagian dari Brazil. Lima tahun kemudian, pada kebangkitan gerakan kemerdekaan Amerika Latin, Uruguay juga berhasil meraih kemerdekaannya kembali. Uruguay memiliki luas wilayah 176.215 kilometer persegi, terletak di bagian timur Amerika Selatan dan di tepi Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Brazil dan Argentina.

Pasukan Sekutu Menduduki Iran

25 Agustus tahun 1941, dalam Perang Dunia Kedua, pasukan Sekutu menduduki Iran. Pada tahun itu, kemajuan tentara Nazi yang cepat ke arah Soviet menyebabkan kekhawatiran yang besar dari AS, Perancis, dan Inggris. Karena, jika Nazi berhasil menguasai Soviet, kepentingan Barat di Timur Tengah dan Timur Jauh berada dalam bahaya dan peluang kemenangan Jerman akan semakin besar. Oleh karena itu, Sekutu memutuskan untuk mengirimkan senjata dan biaya kepada Soviet melalui Iran. Pada pagi hari tanggal 25 Agustus 1941, Iran diserang lewat darat, laut, dan udara oleh tentara Soviet dan Inggris. Rezim despotik Syah Reza Khan yang berkuasa saat itu tidak berhasil melakukan perlawanan berarti, sehingga dua puluh hari kemudian, Teheran berhasil dikuasai oleh Inggris dan Soviet. Berdasarkan kesepakatan London dan Moskow, Syah Reza Khan digulingkan dari kekuasaannya dan dibuang ke luar negeri. Anak Reza Khan kemudian diangkat sebagai penggantinya.

Belaruss Keluar Dari Uni Soviet

25 Agustus tahun 1991, Belaruss melepaskan diri dari Uni Soviet dan menjadi negara independen. Belaruss sejak abad ke-14 berada di bawah kontrol Lituania dan sejak tahun 1569 dikuasai oleh Polandia. Pada akhir abad ke-18, Belaruss dijajah oleh Rusia. Setelah Perang Dunia Pertama, wilayah Belaruss dibagi antara Rusia dan Polandia. Namun, setelah Rusia menang perang, keseluruhan wilayah Belaruss diduduki Rusia. Menyusul keruntuhan Uni Soviet dan gerakan kemerdekan bangsa-bangsa yang tergabung di dalamnya, Belaruss pun tak ketinggalan memperjuangkan kemerdekaannya. Belaruss memiliki luas wilayah 208 ribu kilometer persegi dan berbatsan dengan Rusia, Ukraina, Polandia, dan Lithuania.

Syaikh Hur Al-Amily Lahir

8 Rajab 1033 hijriah, Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Hasan, yang terkenal dengan nama Syaikh Hur Amily, seorang ahli fiqih dan ahli hadis terkenal di dunia Islam, terlahir ke dunia. Setelah belajar kepada ulama-ulama besar di masa itu dan melakukan penelitian selama bertahun-tahun, beliau menulis berbagai buku. Di antaranya, berjudul “Wasailus-Syiah” yang berisi masalah fiqih dan hadis dan “Hidayatul Ummah”. Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Hasan meninggal dunia pada tahun 1114 Hijriah.

Sayyid Husain Khansari Wafat

8 Rajab 1191 Hijriah, Sayyid Husain Khansari, seorang ulama besar asal Iran, meninggal dunia. Beliau memiliki banyak murid yang diantaranya menjadi ulama besar pada zamannya. Di antara murid beliau adalah Allamah Bahrul Ulum. Sayyid Husain Khansari meninggalkan banyak karya, di antaranya “Syarah Doa Abu Hamzah” dan “Syarah Ziarah Asyura”.

Abu Hatim Sahl Bin Muhammad Sajestani Wafat

8 Rajab tahun 248 Hijriah, Abu Hatim Sahl Bin Muhammad Sajestani, meninggal dunia. Abu Hatim terkenal karena kemampuannya yang tinggi di bidang ilmu Quran, hadis, sastra, dan syair. Di samping tekun beribadah dan menimba ilmu, beliau juga aktif dalam urusan kemasyarakatan. Abu Hatim meninggalkan banyak karya penulisan, di antaranya berjudul “I’rabul Quran” dan “Akhlaqul Insan”.

26 AGUSTUS

Artileri Mulai Digunakan Dalam Perang

26 Agustus tahun 1346, untuk pertama kalinya dalam sejarah, artileri digunakan dalam peperangan. Tentara Inggris menggunakan artileri untuk pertama kalinya dalam perang melawan Perancis. Raja Perancis saat itu, Philip Keenam, semula berada di ambang kemenangan karena memiliki jumlah tentara yang jauh lebih banyak daripada tentara Inggris. Namun, dengan digunakannya artileri oleh Inggris, Perancis terpaksa menelan kekalahannya.

Zhoel Roman Lahir

26 Agustus tahun 1885, Zhoel Roman, penulis Perancis, terlahir ke dunia. Setelah melalui pendidikan dasarnya, dia melanjutkan pendidikan ke universitas di bidang filsafat. Pada tahun 1945, Roman menjadi anggota Akademi Perancis. Karya pertama Roman adalah sebuah buku berjudul “Sahabat-Sahabat”. Karya Roman yang penting lainnya adalah sebuah naskah drama berjudul “Ben Johnson”.

Haji Mahdi Araqy dan Putranya Hisam Gugur

26 Agustus tahun 1358, Haji Mahdi Araqy dan putranya Hisam, gugur syahid karena dibunuh kelompok munafik Mujahidin Al-Khalq di Iran. Haji Mahdi Araqy adalah pejuang garis depan revolusi Islam Iran. Selama bertahun-tahun sebelum revolusi mencapai kemenangannya, beliau sudah berjuang melawan Rezim Syah. Akibatnya, beliau bertahun-tahun dipenjara oleh rezim Syah dan mengalami berbagai penderitaan. Setelah kemenangan revolusi, Haji Mahdi Araqy terus berjuang di sisi Imam Khomeini demi mempertahankan revolusi Islam. Beliau memiliki tempat khusus di sisi Imam Khomeini sampai-sampai Imam menyebutnya sebagai saudara dan anaknya sendiri. Setelah syahidnya Haji Mahdi Araqy, Imam Khomeini berkata, “Kesyahidan Haji Mahdi Araqy sangat berat bagi saya, namun kita harus berbahagia karena dia gugur syahid di jalan Allah . Dia memang harus gugur syahid karena baginya kematian di atas tempat tidur adalah kehinaan.”

Abdi Beik Shirazi Lahir

9 Rajab 921 Hijriah, Abdi Beik Shirazi, yang dijuluki “Nawidi” atau si berita gembira, seorang sejawaran Iran, terlahir ke dunia di kota Shiraz, selatan Iran. Karya terbesar sejarawan ini adalah sebuah buku sejarah yang berisi catatan sejarah lebih dari 100 tahun pemerintahan dinasti Safawi di Iran. Dalam buku ini, dia menceritakan kehidupan dinasti Safawi sejak awal hingga tahun 978 Hijriah. Karya lain Nawidi adalah “Jam-e Jamshidieh” yang ditulis dalam bentuk syair.

Izzuddin Husain Wafat

9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain, seorang ulama abad ke-10 Hijriah, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun 906 Hijriah di sebuah desa di Libanon.Dia kemudian menimba ilmu-ilmu yang berkembang pada zaman itu hingga akhirnya mencapai kedudukan tinggi di bidang ilmu agama dan sufistik. Pada tanggal 9 Rajab 963 Hijriah, Izzuddin Husain diracun oleh penentangnya dan gugur syahid.

27 AGUSTUS

Konstantinia Jadi Ibu Kota Wilayah Timur Imperium Romawi

27 Agustus tahun 326, kota Konstantinia yang baru dibangun dijadikan ibu kota wilayah timur Imperium Romawi. Kota ini dibangun atas perintah Kaisar Konstantin dan oleh karena itu, awalnya kota ini diberi nama Konstantinopel. Namun, kemudian nama kota ini berubah menjadi Konstantinia. Pada tahun 1453, kota ini dikuasai oleh Sultan Mahmud Utsmani dan diubah namanya menjadi Istambul. Dewasa ini, kota Istambul merupakan kota terpenting dan paling banyak penduduknya di Turki. Kota ini dibelah dua oleh sebuah selat bernama Bosporus.

Ali Akbar Kaveh Wafat

27 Agustus tahun 1990, Ali Akbar Kaveh, guru besar di bidang seni kaligrafi Iran, meninggal dunia. Seniman ini lahir di kota Shiraz, Iran, pada tahun 1271. Sejak kecil, dia sudah mengenal karya-karya kaligrafi dan jenis huruf Nast’aliq. Secara bertahap, Ali Akbar Kaveh mendalami bidang ini dengan belajar kepada seniman-seniman terkenal saat itu, seperti Mirza Taher Katib Humayun Hamedani dan Saifi Qazuni. Ali Akbar Kaveh selama bertahun-tahun mengabdi di Persatuan Penulis Kaligrafi Iran dan mendidik banyak seniman.

Moldova Merdeka

27 Agustus tahun 1991, Moldova meraih kemerdekaannya. Negara yang terletak di Eropa Timur ini sepanjang sejarahnya berada di bawah penjajahan berbagai bangsa dan negara, seperti Ukraina, Utsmani, Rusia, dan Romania. Setelah terjadi Revolusi Buruh di Rusia tahun 1917, Moldova diserahkan kepada Romania. Pada akhir Perang Dunia Kedua dan mundurnya Jerman dan Romania dari negara-negara jajahannya, Moldova dikuasai oleh Soviet dan digabungkan ke dalam Uni Soviet. Pada akhir dekade 1980-an, Uni Soviet bubar dan negara-negara yang tergabung di dalamnya satu persatu membebaskan diri. Sebagian rakyat Moldova berkeinginan untuk kembali bersatu dengan Rumania dan sebagian rakyat lainnya, terutama yang berasal dari etnik Rusia dan Ukrania, menolak hal tersebut. Akhirnya setelah diadakan referendum, didapatkan hasil bahwa sebagian besar rakyat Moldova menentang penyatuan negara ini dengan Romania dan menginginkan kemerdekaan penuh. Moldova memiliki luas wilayah 33700 kilometer persegi serta berbatasan dengan Romania dan Ukraina.

Imam Muhammad Taqi a.s Lahir

10 Rajab 195 Hijriah, Imam Muhammad Taqi a.s., keturunan Rasulullah generasi ke-8 terlahir ke dunia di kota Madinah. Setelah ayah beliau, yaitu Imam Ridha a.s. wafat, beliau mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin kaum muslimin dan menjadi Imam ke-9. Beliau sangat dicintai oleh kaum muslimin dan terkenal karena kedermawanannya, sampai-sampai beliau dijuluki “Jawad” yang bermakna dermawan. Rumah Imam Jawad adalah tempat tujuan orang-orang yang sengsara dan butuh pertolongan. Dalam periode keimamahan Imam Jawad, lslam menyebar ke berbagai kawasan secara luas. Kondisi ini telah menyebabkan terbukanya peluang perpindahan pemikiran dari luar ke dalam kalangan umat Islam. Pada zaman itu juga terjadi berkali-kali dialog antara pemikir Islam dan non-Islam. Imam Jawad memainkan peranan yang sangat penting pada saat itu. Ia berhasil membimbing umat sekaligus mencegah terjadinya infiltrasi pemikiran-pemikiran luar yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu hadis dari beliau adalah, “Berpegang teguh kepada Tuhan adalah sebuah tangga untuk menuju derajat yang tinggi. Siapapun yang berpegang teguh kepada Tuhan, Tuhan pasti akan membebaskannya dari segala keburukan sekaligus menjaganya dari ancaman-ancaman musuh.”

28 AGUSTUS

Johan Wolfgang Goethe Lahir

28 Agustus 1749, Johan Wolfgang Goethe, penyair dan penulis terkemuka Jerman, terlahir ke dunia. Di kota kelahirannya, Frankfurt, dia mengenal musik, lukisan, dan berbagai bahasa. Di kota itu pula Goethe menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum. Goethe merupakan salah satu penyebar sastra Jerman, namun dia tidak memiliki aliran sastra tertentu. Dia sangat menyukai sastra Iran terutama syair-syair Hafez, seorang penyair terkemuka Iran. Dia juga memiliki ketertarikan yang amat besar terhadap Al-Quran dan Islam.

Dalam hal ini Goethe menyatakan, “Pada awalnya, karena rasa ragu-ragu, kami menolak Al-Quran. Namun kemudian kitab ini menarik perhatian kami. Yang amat mengejutkan kami adalah bahwa kami tunduk pada prinsip dan hukum ilmiah di dalam kitab itu. Saya meyakini bahwa kitab dan ajarannya yang mendalam dan membebaskan manusia ini segera akan mendapat tempat di seluruh dunia dan akan menajdi poros dunia.”

Di antara karya-karya Goethe yang terkenal adalah “Kumpulan Syair Timur”, “Faust”, dan “Melodi Rumi”. Sastrawan Jerman ini meninggal pada tahun 1832.

Leon Tolstoy Lahir

28 Agustus 1828, Leon Tolstoy, penulis dan sastrawan Rusia terlahir ke dunia. Awalnya, Tolstoy bergabung dalam Angkatan Bersenjata Kaukasus dan buku pertamanya yang berjudul “Anak” ditulisnya dalam periode ini. Beberapa lama kemudian, Tolstoy keluar dari militer lalu menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan penulisan. Di antara karya-karya Tolstoy yang terpenting adalah “Perang dan Damai”, “Orang-Orang Kazak”, dan “haji Murad”. Penulis Rusia ini meninggal pada tahun 1910.

Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani Wafat

28 Agustus 1972, Ayatullah Sayid Abdul Majid Irwani, seorang ulama pejuang Iran, meninggal dunia. Ayatullah Irwani dilahirkan pada tahun 1934 di kota Tabriz, Iran. Untuk menuntut ilmu agama, beliau pergi ke kota Qom dan belajar pada ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Qom, di antaranya, Ayatullah Burujerdi dan Imam Khomeini. Dalam melawan despotisme Rezim Syah, beliau melakukan perjuangan yang aktif sehingga berkali-kali ditangkap dan dipenjarakan oleh aparat keamanan. Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, di samping mengajar fiqih, Ayatullah Irawani masih terus melanjutkan aktivitas sosial dan revolusionernya dan mengabdikan hidupnya demi masyarakat Islam.

Ibnu Asakir Wafat

11 Rajab 571 Hijriah, Ibnu Asakir, sejarawan dan ahli hadis terkenal, meninggal dunia di kota Damaskus. Selama hidupnya, ia mempelajari Al-Quran, hadis, fiqih dan usul fiqih dari para ulama Damaskus. Ibnu Asakir juga menyempurnakan ilmu dengan melakukan perjalanan yang cukup jauh. Ia mendatangi pusat-pusat keilmuan di kota Bagdad, Kufah, Maushul, Naisyapur, Marw, Isfahan, dan Hamedan. Karya-karya Ibnu Asakir mencapai 134 buah buku, yang paling terkenal berjudul “Sejarah Damaskus” yang berisikan geografi historis dan biografi para ilmuwan dan ahli hadis Damaskus.

29 AGUSTUS/12 Rajab

Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir

29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai “kesetaraan mengerikan”. Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin. Perang yang terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991. Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari Wafat

29 Agustus 1952, Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari, salah seorang ulama besar dan marji’ taqlid asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1888 di kota Khansar, Iran tengah. Beliau mempelajari ilmu fiqih, ushul fiqih, dan filsafat dari ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Najaf, Irak. Di Irak, bersama-sama dengan rakyat negeri itu, Ayatullah Khansari juga ikut berjuang dalam melawan imperialisme Inggris. Akibatnya, beliau ditangkap oleh tentara Inggris dan dibuang ke Singapura. Setelah empat tahun berada di pembuangan, beliau kembali ke Iran dan mengajar di hauzah ilmiah Qum. Beberapa lama kemudian, akhirnya beliau mencapai derajat marja’iyyah. Di Iranpun, Ayatulah Khansaari meneruskan perjaungannya melawan imperialisme Inggris di Iran dan mendukung gerakan rakyat Iran dalam menasionalisasi minyak Iran.

Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi Wafat

29 Agustus 1990, Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi, salah seorang marji’ taklid kaum muslimin, meninggal dunia pada usia ke-96. Beliau dimakamkan di kompleks perpustakaannya yang besar di kota Qom Iran. Ulama besar ini menimba ilmu fiqih, ushul fiqih, hadis, tafsir, teologi, dan dasar-dasar akhlak di hauzah ilmiah kota Kadzimain dan Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, atas permintaan Ayatullah Hairy Yazdi, beliau mengajar di hauzah ilmiah Qom dan melakukan penelitian. Beliau juga aktif dalam perjuangan melawan rezim Syah di sisi Imam Khomeini. Beliau banyak menulis buku di bidang fiqih, ushul fiqih, hadis, dan sufistik. Peninggalan beliau yang paling berharga adalah sebuah perpustakaan besar yang menampung lebih dari 300.000 buku.

Abbas bin Abdul Muthallib Wafat

12 Rajab tahun 32 Hijriah, Abbas bin Abdul Muthallib, salah seoran paman Rasulullah, dan pemuka Quraisy meinggal dunia. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai orang yang berakhlak mulia serta memiliki kecerdasan yang tinggi. Sebagian sejarawan meyakini bahwa Abbas telah memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi sebelum peristiwa hijrahnya Nabi SAWW ke Madinah. Ialah diyakini para sejarawan tersebut sebagai orang yang menyampaikan berbagai informasi rahasia mengenai gerakan-gerakan kaum musyrikin Mekah yang memerangi kaum muslimin. Abbas secara resmi memeluk Islam pada tahun kedelapan hijriah. Setelah Mekah ditaklukkan, Abbas diperintahkan Nabi untuk menjadi penanggung jawab penyediaan air bagi para peziarah Kabah.

Abu Hudzaifah Wafat

12 Rajab tahun 206 Hijriah, Abu Hudzaifah, seorang periwayat hadits dan sejarawan Islam meninggal dunia. Ia menjadi periwayat hadits setelah menimba ilmu dan mengumpulkan hadits-hadits di kota Mekah dan Madinah. Salah satu karyanya yan terkenal adalah kitab ‘Al-Mubtada’, berisikan kisah penciptaan manusia dan para nabi.

29 AGUSTUS

Uni Soviet Lakukan Ujicoba Bom Nuklir

29 Agustus 1949, Uni Soviet melakukan percobaan bom atomnya yang pertama secara rahasia. Dengan demikian, sejak saat itu bom atom tidak lagi hanya dikuasai oleh Amerika. Keseimbangan yang terjadi dalam persaingan senjata atom antara AS dan Rusia ini dinamakan sebagai “kesetaraan mengerikan”. Dalam situasi seperti ini, kedua belah pihak mencegah diri untuk menggunakan bom atom ini karena khawatir pihak lawan akan menyerang. Sejak saat itu pula, AS dan Uni Soviet masuk ke dalam perang propaganda. Perang ini diistilahkan sebagai Perang Dingin. Perang yang terjadi antara blok Barat dan blok Timur ini berlangsung hingga bubarnya Uni Soviet tahun 1991. Meskipun dengan keruntuhan Uni Soviet ancaman terjadinya perang nuklir telah mereda, namun karena senjata nuklir masih berada di tangan AS dan Zionis, ancaman terhadap negara-negara independen dan penentang poltik perluasan kekuasaan mereka, masih terus berlanjut.

Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari Wafat

29 Agustus 1952, Ayatullah Sayyid Muhammad Taqi Khansari, salah seorang ulama besar dan marji’ taqlid asal Iran, meninggal dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1888 di kota Khansar, Iran tengah. Beliau mempelajari ilmu fiqih, ushul fiqih, dan filsafat dari ulama-ulama terkemuka hauzah ilmiah Najaf, Irak. Di Irak, bersama-sama dengan rakyat negeri itu, Ayatullah Khansari juga ikut berjuang dalam melawan imperialisme Inggris. Akibatnya, beliau ditangkap oleh tentara Inggris dan dibuang ke Singapura. Setelah empat tahun berada di pembuangan, beliau kembali ke Iran dan mengajar di hauzah ilmiah Qum. Beberapa lama kemudian, akhirnya beliau mencapai derajat marja’iyyah. Di Iranpun, Ayatulah Khansaari meneruskan perjaungannya melawan imperialisme Inggris di Iran dan mendukung gerakan rakyat Iran dalam menasionalisasi minyak Iran.

Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi Wafat

29 Agustus 1990, Ayatullah Sayyid Shihabuddin Mar’asyi Najafi, salah seorang marji’ taklid kaum muslimin, meninggal dunia pada usia ke-96. Beliau dimakamkan di kompleks perpustakaannya yang besar di kota Qom Iran. Ulama besar ini menimba ilmu fiqih, ushul fiqih, hadis, tafsir, teologi, dan dasar-dasar akhlak di hauzah ilmiah kota Kadzimain dan Najaf, Irak. Setelah mencapai derajat mujtahid, atas permintaan Ayatullah Hairy Yazdi, beliau mengajar di hauzah ilmiah Qom dan melakukan penelitian. Beliau juga aktif dalam perjuangan melawan rezim Syah di sisi Imam Khomeini. Beliau banyak menulis buku di bidang fiqih, ushul fiqih, hadis, dan sufistik. Peninggalan beliau yang paling berharga adalah sebuah perpustakaan besar yang menampung lebih dari 300.000 buku.

Abbas bin Abdul Muthallib Wafat

12 Rajab tahun 32 Hijriah, Abbas bin Abdul Muthallib, salah seoran paman Rasulullah, dan pemuka Quraisy meinggal dunia. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai orang yang berakhlak mulia serta memiliki kecerdasan yang tinggi. Sebagian sejarawan meyakini bahwa Abbas telah memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi sebelum peristiwa hijrahnya Nabi SAWW ke Madinah. Ialah diyakini para sejarawan tersebut sebagai orang yang menyampaikan berbagai informasi rahasia mengenai gerakan-gerakan kaum musyrikin Mekah yang memerangi kaum muslimin. Abbas secara resmi memeluk Islam pada tahun kedelapan hijriah. Setelah Mekah ditaklukkan, Abbas diperintahkan Nabi untuk menjadi penanggung jawab penyediaan air bagi para peziarah Kabah.

Abu Hudzaifah Wafat

12 Rajab tahun 206 Hijriah, Abu Hudzaifah, seorang periwayat hadits dan sejarawan Islam meninggal dunia. Ia menjadi periwayat hadits setelah menimba ilmu dan mengumpulkan hadits-hadits di kota Mekah dan Madinah. Salah satu karyanya yan terkenal adalah kitab ‘Al-Mubtada’, berisikan kisah penciptaan manusia dan para nabi.

30 AGUSTUS

Nicolas Conte Ciptakan Pensil

30 Agustus 1790, pensil berhasil diciptakan oleh Nicolas Conte dari Jerman. Dia menggunakan sejenis batu bernama grafit dan untuk mencegah tangan menjadi kotor akibat terkena grafit, dia meletakkan batu itu di tengah sepotong kayu. Dewasa ini, salah satu jenis pensil yang digunakan untuk menggambar dinamakan sebagai pensil Conte.

Ernest Rutherford Lahir

30 Agustus 1871, Ernest Rutherford, ahli fisika Inggris terlahir ke dunia di New Zealand. Dia melakukan penelitian mengenai sinar radiasi dan berhasil menemukan sinar alpha, gamma, dan betha. Rutherford meninggal dunia pada tahun 1937.

Muhammad Jawad Bahonar Gugur

30 Agustus 1981, Muhammad Ali Rejai, Presiden Iran dan Muhammad Jawad Bahunar, Perdana Menteri Iran pada waktu itu, gugur syahid akibat ledakan bom di kantor Perdana Menteri di Teheran. Peledakan bom ini dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Al-Khalq.

Syahid Rejai memulai aktivitas sosialnya dengan menjadi guru. Bersamaan dengan melakukan tugasnya sebagai guru, beliau juga aktif berjuang melawan rezim despotik Syah Pahlevi. Akibatnya, Rejai harus berkali-kali dipenjara dan mengalamai berbagai kesulitan besar. Setelah kemenangan revolusi Islam dan Republik Islam Iran berdiri, Rejai menjabat posisi menteri pendidikan dan pengajaran, anggota Majelis Perwakilan Islami, perdana menteri, dan terakhir menjadi presiden. Ketika Syahid Rejai menjabat sebagai presiden, posisi perdana menteri dipegang oleh Doktor Bahunar. Doktor Bahunar adalah seorang ruhaniwan Islam dan pejuang garis depan dalam melawan rezim Syah.

Setelah syahidnya kedua pemimpin besar Iran yang sangat dikenal keikhlasan dan kerendah-hatiannya ini, Imam Khomeini menyatakan, “Keutamaan kedua syahid ini adalah karena mereka pemimpin yang selalu bersama dengan rakyatnya.”

Naji Ali Gugur

30 Agustus 1987, Naji Ali, seorang desainer dan karikaturis terkenal Palestina gugur syahid. 38 hari sebelumnya, yaitu tanggal 22 Juli 1987, Naji Ali diteror oleh agen mata-mata Israel, Mosad di kantornya di kota London. Setelah 38 hari koma, Naji Ali akhirnya gugur syahid. Naji Ali dilahirkan pada tahun 1937 di Palestina dan pada masa kecilnya, akibat represi rezim Zionis, dia dan keluarganya harus tinggal di daerah pengungsian “Ainul Halwa” di selatan Libanon. Dengan kemampuannya yang besar di bidang desain dan karikatur, Naji Ali berjuang untuk membuka mata dunia mengenai kekejaman rezim Zionis. Enam bulan kemudian, Organisasi Penerbit Internasional menganugerahkan hadiah “Pena Emas Perdamaian” kepada Naji Ali.

Republik Azerbaijan Merdeka

30 Agustus 1991, Republik Azerbaijan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-3, Azerbaijan dikuasai oleh Dinasti Sasani Iran. Pada awal abad ke-19, bagian utara Azerbaijan dikuasai Rusia setelah terjadi perang antara Iran dengan Rusia yang berakhir dengan kekalahan Iran. Pada tahun 1920-an, negara ini dijadikan bagian dari Uni Soviet. Setelah keruntuhan Uni Soviet, Azerbaijan memisahkan diri dan menjadi negara independen.

Republik Azerbaijan terletak di tepi laut Kaspia, memiliki luas wilayah 86.600 kilometer persegi, dan bertetangga dengan Iran, Armenia, Georgia, dan Rusia.

Timor Timur Berpisah dari Indonesia

30 Agustus 1999, Timor Timur menjadi sebuah negara independen. Kepulauan Tim-tim dan sebagian kepulauan Indonesia lainnya pada tahun 1511 dijajah oleh Potugis. Kemudian, pada pertengahan abad ke-19, Belanda menjajah kepulauan Indonesia kecuali Timtim yang masih tetap dikuasai Portugis. Pada tahun 1945, Indonesia meraih kemerdekaannya sementara Tim-tim masih terus dijajah hingga tahun 1976. Pada tahun itu pula, tentara Indonesia masuk ke Timtim dan memasukkan Timtim ke dalam wilayah Indonesia. Setelah jatuhnya Suharto dari kursi kepresidenan tahun 1998, perjuangan rakyat Timtim semakin menguat dan mendapat dukungan PBB dan negara-negara barat sampai akhirnya berhasil merdeka setelah diadakan referendum.

Ali bin Abi Thalib as Lahir

13 Rajab 23 tahun sebelum Hijrah, Ali bin Abi Thalib, kemenakan Rasulullah, menantu, dan pemimpin kaum muslimin sepeninggal nabi, terlahir ke dunia. Beliau dilahirkan di dalam Ka’bah oleh ibundanya yang bernama Fathimah binti Asad. Ayah beliau adalah Abu Thalib, paman Rasulullah. Sejak kecil, Ali a.s. telah berada dalam asuhan dan didikan Rasulullah dan dia menjadi laki-laki pertama yang menerima ajaran Islam. Pada akhir tahun ke-2 Hijriah, Ali a.s. menikahi purti Rasulullah, Fathimah Az-Zahra . Beliau selalu mendampingi Rasulullah dalam segala duka dan kesulitan dalam menyebarkan Islam dan ikut dalam semua peperangan yang dihadiri Rasululllah, kecuali dalam Perang Tabuk. Imam Ali a.s. selain dikenal karena keberaniannya, juga amat terkenal kedermawanan dan kelembutan hatinya. Beliau selalu membantu dan melindungi fakir miskin, kaum tertindas, dan anak yatim. Ketika menjadi khalifah kaum muslimin, beliau menjalankan pemerintahan dengan sangat adil. Dalam beribadah kepada Allah, beliau dikenal sangat tekun dan khusyuk, sampai-sampai, beliau tidak merasakan ada anak panah menancap di tubuhnya pada saat sedang shalat. Imam Ali a.s. gugur syahid akibat dibunuh oleh musuhnya ketika beliau sedang shalat pada usia ke 63 tahun. Salah satu hadis dari Imam Ali adalah, “Berperilakulah dengan baik kepada masyarakat, sehingga ketika engkau mati, mereka akan menangisimu dan ketika engkau hidup mereka akan baik kepadamu.”

31 AGUSTUS

Inggris dan Rusia Tandatangani Perjanjian Tentang Wilayah Iran

31 Agustus 1907, pemerintah imperialis Inggris dan Rusia dengan menandatangani sebuah perjanjian, telah membagi wilayah Iran menjadi tiga bagian. Berdasarkan perjanjian ini, wilayah tengah Iran dinyatakan tidak berpihak. Wilayah utara dan sebagian wilayah Barat Iran dibawah kontrol Rusia dan wilayah selatan dikuasai oleh Inggris. Penandatanganan perjanjian pembagian wilayah ini tidak melibatkan pemerintah Iran saat itu, yaitu raja Dinasti Qajar, karena lemahnya kekuatan dinasti ini. Karena itu, perjanjian ini menimbulkan kemarahan rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Iran. Inggris dan Rusia keluar dari wilayah Iran setelah terjadi revolusi di Rusia.

Malaysia Merdeka

31 Agustus 1957, Malaysia meraih kemerdekaannya dari Inggris. Masyarakat Malaysia sejak abad ke-13 secara bertahap mengenal Islam. Pengaruh Eropa masuk ke negara ini pada awal abad ke-16 dengan masuknya Alburquerque, pelaut Portugis. Pada abad ke 17, Belanda menguasai Malaysia. Kemudian pada tahun 1824 atas perjanjian antara Belanda dan Inggris, Malaysia diserahkan kepada Inggris dan Indonesia diserahkan kepada Belanda.

Pemerintahan Malaysia berbentuk federasi dan tiap negara bagian dipimpin oleh seorang Sultan. Wilayah Malaysia terdiri dari dua bagian terpisah di tepi Laut Cina Selatan. Luas wilayah negara ini adalah sekitar 330 ribu kilometer persegi dan berbatasan dengan Indonesia dan Thailand.

Trinidad dan Tobago Merdeka

31 Agustus 1962, Trinidad dan Tobago, sebuah negara di Amerika Selatan, meraih kemerdekaannya dari Inggris. Negara ini pada awalnya dijajah oleh Spanyol namun pada tahun 1802 Spanyol menyerahkannya kepada Inggris. Kemudian, Trinidad dan Tobago dijadikan pusat Federasi Hindia Barat. Pada tahun 1962, Federasi Hindia Barat bubar dan Trinidad Tobago meraih kemerdekaannya. Republik Trinidad dan Tobago hanya memiliki luas wilayah 5128 kilometer persegi, namun pendapatan perkapitanya amat tinggi yaitu di atas 6000 dolar karena kaya sumber minyak lepas pantai.

Imam Musa Shadr Hilang Secara Misterius

31 Agustus 1978, Imam Musa Shadr, seorang ulama kelahiran Iran, dalam perjalanannya dari Aljazair ke Libanon, hilang secara misterius. Beliau dilahirkan di kota Qom Iran, lalu melanjutkan pelajaran ke Libabnon. Pada saat itu umat muslim Libanon berada dalam kondisi politik dan ekonomi yang amat buruk. Imam Musa Shadr kemudian beraktivitas dalam memperbaiki kondisi ini, di antaranya dengan mendirikan Majelis Tinggi Syiah Libanon dan menjadi ketuanya. Beliau juga mendirikan Harakatul Mahrumin, sebuah organisasi perlindungan bagi perjuangan rakyat Palestina. Hingga kini, tidak banyak informasi yang berhasil didapat mengenai kehidupan beliau.

Uzbekistan Merdeka

31 Agustus 1991, Uzbekistan mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Sejak abad ke-6 sebelum Masehi, Uzbekistan menajdi bagian dari imperium Iran. Seterusnya, secara bergantian, penguasa Iran dan non-Iran berkuasa di sana. Setelah masuknya kaum muslimin ke Uzbekistan pada pertengahan abad ke-7 Masehi, ajaran Islam menyebar di kawasan ini. Pada akhir abad ke 9, dinasti Samani dari Iran menguasai negeri ini sehingga bahasa serta kebudayaan Persia tersebar luas di sana. Pengaruh Rusia masuk pada akhir abad ke-17 dan berkuasa di sana hingga abad ke dua puluh. Uzbekistan berhasil meraih kemerdekaan setelah bubarnya Uni Soviet.


Sumber : http://www2.irib.ir/worldservice/melayuRADIO/kal_sejarah/agustus/

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR TERBAIK ANDA SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS
DAN JUGA ANDA AKAN MENDAPATKAN BACKLINK OTOMATIS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More