Senin, 10 Oktober 2011

5 kebiasaan buruk tentang makan

Info Kesehatan - Tanpa disadari, banyak diantara kita yang memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk menyangkut aktivitas Makan. Kebiasaan buruk tersebut tentu saja akan membawa dampak bagi kesehatan tubuh terkait dengan saluran pencernaan. Oleh karena itu, kebiasaan buruk tersebut tidak boleh dipelihara! Apa saja lima diantaranya?

1. Tidak makan pagi

Makan pagi sangat dibutuhkan untuk memberikan energi bagi tubuh dan membantu otak untuk berpikir. Karena itu, kebiasaan tidak makan pagi sangat tidak baik untuk kesehatan. Pilihan yang terbaik untuk makan pagi yang sehat ialah buah-buahan.

2. Makan sebelum tidur

Jika anda makan makanan pedas, makanan berlemak, atau yang mengandung kefein selama 1-3 jam sebelum tidur, kualitas tidur akan jauh berkurang. Kelelahan juga bisa menjadi akibatnya. Makanan berlemak dapat membuat pencernaan menjadi lamban dan makanan pedas bisa menimbulkan sakit maag. Karena itu, beri jangka waktu yang cukup antara makan malam anda dengan jam tidur.

3. Ngemil

Jika yang anda kudap adalah wortel atau buah, maka tak masalah. Pasalnya, yang biasa menjadi cemilan adalah snack yang hanya menyumbang lemak dan kalori dalam tubuh. Untuk solusinya, makanlah dalam porsi kecil 5 sampai 6 kali satu hari. Ini akan membantu membakar kalori sepanjang hari, karena sistem metabolisme bisa lebih bekerja dengan baik akibat pola makan tersebut.

4. Membiarkan diri kelaparan

Membiarkan diri kelaparan akan mengganggu sistem pencernaan tubuh. Jika ini dilakukan untuk mengurangi berat badan, yang terjadi malah bisa sebaliknya. Reaksi pertama tubuh bagi orang yang kelaparan ialah naiknya berat badan dari simpanan lemak tubuh. Ketika tubuh dibiarkan lapar, tubuh menanti kapan datangnya makanan kembali. Ketika makanan akhirnya tiba, tubuh langsung menyimpannya menjadi cadangan lemak, sebagai antisipasi jika tubuh kelaparan lagi. Akibatnya, lemak malah jadi menimbun. Karena itu, makanlah dengan porsi kecil tetapi sering!

5. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat membuat tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan sempurna, terutama di daerah mulut. Sebaiknya, belajarlah untuk mengunyah agak lama sehingga makanan bisa diserap dengan baik nantinya. Makan terlalu cepat juga bisa membuat seseorang makan berlebihan dan resikonya ialah naiknya berat badan. Makan perlahan bisa membantu otak mengetahui bahwa kita sedang makan dan dengan demikian bisa memberi sinyal ketika kita sudah kenyang.

Apakah diantara kelima kebiasaan di atas pernah Anda lakukan? Mulai detik ini, kurangi setelah itu hentikan sama sekali!
silahkan anda Copy paste artikel diatas tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke blog ini. terimakasih....!!!

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR TERBAIK ANDA SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS
DAN JUGA ANDA AKAN MENDAPATKAN BACKLINK OTOMATIS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More