Selasa, 20 Desember 2011

IBU


Merah meradang.
Menyapa dalam tanda tanya.
Tiada lagi bersuara
yang ada hanyalah, kasih sayang.
Gelap, gelap tanpa suara.
Hanyalah sebuah rasa
mengantar datangnya detak jantung.
Hanyalah rasa
yang mengantar denyut nadi.
Gelap, gelap, dan gelap.
Namun terang
tapi tanpa suara.

Ibu, Ibu, Ibu.
Aku sadar.
Aku mengerti.
Aku tahu.
Aku telah berada dirahimmu
dalam keadaan,
dimana aku sendiri tidak tahu.
Tapi, dari kasih sayang.
Dari belaian kasih,
AKU INI ADA.
Dari rasa.
Dari Syirmu.
Dari denyut nadimu.
dari detak jantungmu,
AKU INI ADA.

Ibu,
Betapa banyak,
betapa banyak, yang kulupakan.
Betapa banyak,


betapa banyak, yang telah aku perbuat.
Namun, aku tak tahu
aku tak mengerti.
Bahkan kadang, aku ingkar kepadamu.

Ibu,
dari nada-nadaku.
Dari suaraku.
Dari denyut jantungku.
Dari detak nadiku.
Aku ingin katakan padamu:
”Betapa banyak,
betapa banyak,
betapa banyak,
dosa-dosa yang mengantar aku.
Betapa banyak,
dosa-dosa yang aku jalani
karena lupa.”

Apakah karena lupa ?
Tapi sebenarnya,
bukanlah karena lupa, Ibu.
Tapi aku tak mengerti.
Bahkan aku tak sadar.
Seperti aku didalam kebingungan
karena aku tak mau tahu
akan diriku sendiri.

Betapa aku seharusnya
menjadikan Engkau sebuah TUGU.
Seharusnya,
aku menjadikan Engkau 
sebagaimana MONUMEN didalam kesetiaan.
Seharusnya,
aku menjadikan Engkau
TEMPAT PUJIAN didalam relung hatiku.
Karena aku tahu, Ibu
betapa Engkau telah mengantarku ke dunia ini.
Aku mengerti dari belaian kasih sayang.
Aku tahu dan aku mengerti
karena aku hidup dari air susumu.

Namun,
begitu banyak
begitu banyak,
orang yang lalai
untuk mengantarkan Engkau, Ibu
didalam pujian-pujian malam
didalam agung dan rasa agung 
dalam pujian-pujian,
memanggil namamu dalam belaian kasih sayang.
Karena seharusnya
aku ucapkan rasa terima kasih
yang tiada terhingga.
Namun begitu banyak,
orang yang lupa diri
orang yang tidak tahu diri
orang yang tidak dapat mengagungkan Engkau, Ibu
hanya karena duniawi.

Hari ini,
aku akan CETUSKAN.
Aku akan IKRARKAN kepadamu.
Aku akan TULUS KEMBANGKAN didalam HATI NURANI-ku.
Aku akan katakan kepada semua orang:
 ”Janganlah,
janganlah engkau lupa kepada Ibumu !”

Tapi Ibu,
aku bersumpah
aku berjanji kepadamu.
Dan biarlah dunia ini adalah sebuah kesaksian.
Karena aku hidup didalam muka
aku hidup didalam muka bumi.
Sebagaimana, aku telah diantarkan
dalam kasih sayang oleh Engkau, Ibu

Ibu,
begitu banyak orang yang lupa akan dirimu.
Begitu banyak orang yang lalai akan dirimu.
Begitu banyak orang yang mencampakkan dirimu.
Dan begitu banyak anak-anakmu yang tidak lagi,
”mengenal” dirimu.
Begitu banyak manusia-manusia
yang tidak lagi menyuarakan kasih sayang, Ibu.
Begitu banyak manusia yang lalai.
Bahkan kadangkala
tak mau tahu, 

tak mau mengerti,
dan tak mau peduli akan Ibu.

Pada hari ini
aku BERJANJI kepadamu, Ibu:
”Engkau adalah Mahligai didalam hidupku”.
”Karena tanpamu,
aku tak dapat seperti ini.
Karena tanpamu,
aku tak dapat menginjakkan kaki di bumi.
Karena tanpamu,
aku tak akan melihat langit.
Karena tanpamu,
aku tak dapat mengantarkan hidup ini
kedalam jenjang berikutnya”.

Ibu, Ibu, Ibu.
Aku mohon kepadamu,
aku mohon kepadamu.
Janganlah Engkau hanya karena perbuatan manusia
aku jadikan aku sebagaimana dia.
Tapi aku bersimpuh di haribaanmu
aku bersimpuh di hadapanmu.
Engkau adalah Dewa Agung didalam hidup.
Engkau adalah Pujian Agung didalam hidup.
Engkau adalah Segalanya bagiku.

Sebelum Engkau meninggalkan dunia ini
sebelum aku ditinggalkan olehmu
AKU BERJANJI
AKU BERSUMPAH:
“Ibu,
Betapa, betapa Engkau adalah Pujian Agung.
Betapa Engkau adalah Mahligai Agung.
Betapa Engkau adalah Sumber Do’a Agung”.



Untukmu AKU BERSUMPAH.
Untukmu AKU BERJANJI:
”Aku akan agungkan, didalam kerinduan malam.
Aku akan agungkan, didalam kehidupan.
Aku akan agungkan, didalam kerinduan antara bumi dan langit ”.

IBU, IBU, IBU, DAN IBU
ADALAH MAHLIGAI AGUNG BAGI DIRIKU.







Plumpang Semper, Jakarta Utara
Kamis,  06 November 2008 – 08 Dzulqi’dah 1429 H
21:35- 21:45 wib





0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI KOMENTAR TERBAIK ANDA SETELAH MEMBACA ARTIKEL DIATAS
DAN JUGA ANDA AKAN MENDAPATKAN BACKLINK OTOMATIS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More